SolusiMobil.com - Sama halnya dengan manusia apabila sedang sakit atau demam, pasti badan akan menggigil. Mobil pun demikian, apabila ada mesin yang bergetar, itu dikarenakan ada kmomponen mesin yang tidak beres atau bermasalah.

Jika kita sembarang membawa kendaraan kita kebengkel tanpa mengetahui penyebabnya, maka aakan mudah dibodohi oleh bengkel. Namun apabila kita mengetahui sebab terjadinya getaran tersebut, maka bengkel tak akan bisa membohongi kita. Berikut merupakan panduannya untuk Anda:

1. Busi mati. Mesin terasa pincang, tidak hanya pada saat kondisi stasioner, namun juga pada saat berjalan. Biasanya, dari 4 busi ada satu busi yang mati. Solusinya perbaikannya, kami sarankan untuk mengganti semua busi agar kondisinya sama baik.

2. Distributor rusak. Sistem pengapian menjadi tidak sempurna akibat dari distributor rusak, sehingga membuat putaran mesin menjadi tidak rata.

3. Koil rusak. Mesin terasa bergetar, langsung mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika kerusakan koil sudah parah, mesin sulit dihidupkan. Solusi terbaik maka gantilah komponen pembangkit listrik ini.

4. Sistem injeksi terganggu. Bagi mobil yang telah menggunakan sistem pasokan bahan bakar injeksi. Gejalanya, mesin bergetar dengan frekuensi agak jarang dan muncul pada putaran mesin tinggi. Apabila kerusakan belum parah atau sekadar terjadi penumpukan kotoran, bisa Anda lakukan pembersihan dengan kalibrasi ulang nosel injektor.

5. Karburator kotor atau bermasalah. Mesin tidak akan bekerja secara sempurna dan timbul getaran. Komponen ini memiliki tugas menyuplai bensin ke silinder.

6. Setelah idle dan valve karburator. Khususnya bagi mobil yang masih memakai karburator. Jika setelan idle terlalu tinggi dan katup karburator tidak menutup sempurna, mesin akan bergetar ketika saat dimatikan. Karena pada saat kunci kontak sudah di-off, mesin masih mendapat suplai bensin. jadi, perlu setel ulang karburator mobil Anda.

Nah, sekarang sudah tahu kan penyebabnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk pribadi Anda sendiri maupun sebagai referensi Anda. [Dedi]