Mesin New Fortuner VN Turbo

SolusiMobil.com - Banyak pabrikan mobil yang kini mengeluarkan sebuah produk dengan dua varian mesin yakni diesel dan bensin. Hal yang sangat sepele namun bisa terjadi adalah, salah dalam mengisi BBM yang dibutuhkan mobil.


Perlu diketahui bahwa mobil diesel hanya dapat diisi bahan bakar jenis solar. Mengisi mobil diesel dengan bahan bakar bensin ternyata justru dapat berakibat buruk pada mobil.

Masalah pertama yang dapat terjadi mesin menjadi panas berlebihan. Ini karena kompresi bensin yang rendah, sekitar 10:1, dan sangat mudah terbakar. Sementara mesin diesel memiliki karakter mesin dengan kompresi tinggi mencapai 30:1 sehingga butuh bahan bakar yang lebih kental dan tidak cepat terbakar, dalam hal ini solar.

Masalah berikutnya adalah nozzle injector kotor. Akibat dari komponen nozzle injector kotor membuat mobil Anda hanya meraung keras dan tak bertenaga saat pedal gas ditekan dalam. Tak hanya itu, masalah lainnya adalah filter solar akan mudah tersumbat. Jika sudah tersumbat, tentu mesin akan mengalami ngelitik dan tarikan terasa brebet.

Masalah yang terakhir adalah fuel pump rusak. Hal ini tentu karena bahan bakar jenis bensin tidak sesuai dengan spesifikasi mesin diesel.

Lalu bagaimana jika tak sengaja mengisi mesin diesel dengan bensin? Jika Anda sudah tak sengaja mengisi mobil diesel Anda dengan bensin, Anda dapat meminta mekanik untuk menguras bensin di dalam tangki dan fuel pump mobil. [Vv/Wa]