Pelumas mesin

SolusiMobil.com - Oli palsu selalu menjadi momok yang perlu diwaspadai oleh para bikers Tanah Air. Pasalnya, oli jenis ini dapat memperpendek usia mesin yang tentunya dapat merugikan para pengguna kendaraan. Walaupun berbagai kasus telah dibongkar oleh pihak berwajib, dan tindakan pencegahan, tetap saja pihak-pihak nakal yang tidak bertanggung jawab punya cara sendiri mengelabui untuk memproduksi dan mengedarkan pelumas palsu.

 

Januari kemarin, Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sukabumi, Jawa Barat, berhasil meringkus sindikat pemalsuan pelumas. Dari sejumlah barang bukti terkumpul, sindikatnya adalah mendaur ulang oli bekas dengan alat-alat sederhana dan kemudian dikemas ke dalam botol bekas pula.

 

Sejumlah produsen pelumas resmi pun geram atas ulah pihak-pihak nakal tersebut. “Kami sangat mengutuk tindakan pemalsuan yang merugikan konsumen, serta mendukung setiap upaya pemberantasan jaringan pemalsuan pelumas pihak berwajib,” ungkap Andria Nusa selaku Ketua Bidang Pengembangan Aspelindo (Asosiasi Pelumas Indonesia).

 

Berbeda dengan pabrik oli resmi, salah satunya Federal Oil. Perusahaan pelumas yang mensponsori tim balap kelas dunia di World Moto2, tentu memiliki standar dan pengawasan ketat. Baik teknologi mesin pembuat maupun bahan baku berkualitas.

 

“Oli palsu jelas merendahkan kualitas yang sebenarnya, dalam hal ini yang paling dirugikan adalah konsumen yang kebetulan membeli oli palsu tersebut. Federal Oil menindaklanjuti persoalan ini secara serius karena merujuk pada kredo (kepercayaan) perusahaan tentang Customer Focus yang mana konsumen merupakan entitas penting yang perlu dijaga kepuasannya,” ujar Patrick Adhiatmaja, President Director PT Federal Karyatama.

 

Nah, agar tidak salah membeli oli, maka Anda harus pintar dalam memilih. “Pastikan secara seksama memeriksa oli yang telah di beli dengan cara memerhatikan label dan kemasan. Selain itu, pastikan saat membeli dan melakukan pergantian oli di bengkel terpercaya seperti FOC (Federal Oil Center) dan atau bengkel rekanan Federal Oil lainnya,” tutup Ivan Ally, Head Of Promotion and Brand Activation Federal Oil.[Dp/Wa]