Ilustrasi

SolusiMobil.com - Aktifitas mudik menjelang lebaran kini telah menghiasi jalan-jalan di jalur mudik. Beberapa titik kemacetan juga telah terlihat. Kondisi dapat semakin parah jika ada kendaraan yang mogok gara-gara aki yang telah lemah atau soak. Jika tak ingin kejadian seperti itu menimpa Anda saat mudik, tentu Anda harus mengetahui penyebab aki yang soak atau tekor.

 
Dilansir VIVA, salah satu penyebab mobil mogok yang sering ditemui adalah aki yang soak. Lalu apa saja penyebab aki soak itu? Secara garis umum, penyebab aki tidak mampu bekerja secara maksimal karena beban kerja yang berlebihan.
 
"Pada saat jalan normal, pengisian (arus listrik) normal. Namun, saat macet, fungsi kerja mesin itu dobel. Dia butuh arus listrik yang lebih banyak. Ini karena extra fan langsung berputar dan butuh arus listrik sendiri," kata Dedy Ismanto, Channel Marketing Manager salah satu perusahaan Aki dilansir di situs resmi Toyota.
 
Menurut Dedy, bila beban mobil semakin bertambah karena perangkat elektrik di dalam mobil Anda juga menyala, ditambah lagi karena mobil juga digunakan untuk mengisi daya baterai gadget Anda, serta jarak perjalanan yang cukup jauh itu juga mempengaruhi aki cepat soak.
 
"Belum lagi, nyalain radio, segala macam perangkat elektronik, dan dibebani lagi charger-charger HP, tab, segala macam," katanya.