Ilustrasi

SolusiMobil.com - Perkembangan teknologi otomotif saat ini semakin maju. Mobil-mobil baru yang dilengkapi dengan beragam fitur unggulan semakin banyak bermunculan. Hal tersebut rupanya tidak membuat para pencinta mobil klasik berpaling hati.


Banyak alasan mobil klasik masih digemari beberapa orang. Meski demikian, tak dimungkiri bahwa faktor usia membuat mobil-mobil klasik itu dianggap sangat merepotkan dalam hal perawatan.

Dikutip dari VIVA, anggapan itu ditepis pemilik bengkel Jayapura Duta Mas, Ekky. Ia mengatakan, perawatan mobil dengan umur di atas 10 tahun tidaklah sulit.

“Sebenarnya, merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit. Namun, kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” ungkapnya.

Berikut lima cara mudah merawat mobil klasik:

  1. Lebih memerhatikan penggantian oli. Oli dinilai mampu memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan bermotor, sehingga mobil tua akan lebih baik apabila olinya sering diganti.
  2. Rutin memeriksa kaki-kaki mobil. Permasalahan terhadap kaki-kaki memang sering dialami mobil 'jadul'. Salah satu yang sering dihadapi yakni terdengar bunyi. Sebelum hal itu terjadi, akan lebih baik apabila selalu memeriksakan bagian ini.
  3. Merawat cat mobil. Untuk mobil tua, biasanya cat sudah mulai pudar. Oleh karena itu, elemen pada bodi ini harus tetap diperhatikan. Usahakan untuk selalu menggunakan penutup, apabila sedang parkir di luar garasi.
  4. Perhatikan kabel-kabel pada mobil. Hal ini sangat penting, karena kabel bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mesin.
  5. Rutin memeriksa ring piston. Ring piston berfungsi menahan kebocoran oli dan juga campuran bahan bakar dengan udara. Bila rusak, maka efeknya akan merembet pada komponen mesin lainnya.