Tips merawat cat mobil

SolusiMobil.com - Bodi mobil merupakan bagian paling pertama saat dilihat. Jika warna cat mobil tetap kinclong tentunya akan lebih enak dipandang. Pudarnya warna cat mobil bukan saja diakibatkan sinar matahari, tapi juga karena banyaknya penggunaan bahan kimia ketika melakukan perawatan.

 
Menyikapi hal tersebut, Takwid selaku trainer dari Autoglaze Express-salon mobil di bilangan Jakarta Utara, ingin berbagi cara bagaimana merawat cat mobil yang tepat. Menurutnya, cara paling sederhana agar cat mobil tetap kinclong, yakni jangan mencuci mobil terlalu sering menggunakan sabun atau shampo mobil.
 
“Jika sering menggunakan sabun pencuci terutama yang banyak busanya, karena sabun yang banyak busanya jika saat membersihkan tidak bersih bisa menimbulkan jamur pada cat mobil,” jelas Takwid seperti dilansir Dapurpacu.
 
Selain penggunaan sabun, Takwid juga nenyarankan jangan asal mencuci mobil di tempat pencucian yang tidak dilengkapi dengan peralatan khusus, atau jangan terlalu sering mencuci mobil di tempat pencucian, luangkan waktu Anda untuk mencuci mobil sendiri.
 
“Di tempat pencucian mobil kita kan gak tahu, itu spon yang digunakan sudah berapa lama, jika spon yang digunakan sudah lama bisa jadi ada kotran atau pasir yang masih menempel, jadi yang ada malah bisa bikin baret cat mobil,” urainya.
 
Selain perilaku mencuci yang salah, Takwid menyarankan jangan sering parkir di bawah pohon, karena getah pohon sangat susah dihilangkan dan bisa menyebabkan cat mobil jadi kusam. Selanjutnya, jika habis terkena hujan sebaiknya cepat dibersihkan menggunakan air bersih supaya kotoran yang menempel pada bodi mobil cepat hilang.
 
Langkah terakhir, luangkanlah waktu untuk melakukan perawatan poles bodi minimal satu bulan sekali. Poles bodi tidak hanya menjaga cat tetap mengkilat, tapi juga menghilangkan jamur nakal di bodi mobil.