Velg Mobil

SolusiMobil.com – berbagai macam alasan digunakan oleh para pemilik mobil untuk mengganti velg mobilnya. Hal ini tentunya sah-sah saja, tinggal bagaimana melihat kesiapan kantong, apakah cukup membeli velg kaleng, billet, forged alloy, steel, atau magnesium.

 

Selain velg-velg terbaru, sejumlah toko velg juga banyak yang menyediakan velg bekas untuk mengakomodasi bagi yang ingin memodifikasi dengan biaya murah atau terjangkau.

 

Di sini, velg bekas dengan kondisi layak pakai bisa jadi alternatif, asal kita jeli dan teliti dalam memilih velg. Berikut beberapa tips dalam memilih velg bekas yang dikutip dari Dapurpacu;

 

1.Kondisi Warna Cat Velg

 

Memilih velg yang akan dibeli mungkin bisa memerhatikan warna cat velg. Apakah warna cat masih dalam kondisi original atau sudah dilakukan pengecetan ulang? Hal ini (pengecetan ulang) biasanya dilakukan penjual guna menghindari penampakan adanya keretakan pada body velg, sehingga tidak terlihat.

 

2.Kondisi Bibir dan Lingkaran Velg

 

Coba untuk memerhatikan kondisi pinggiran velg, apakah dalam kondisi persisi atau tidak. Perhatikan apakah ada baret-baret, atau terlihat peang pada sisi pingiran bibir velg. Bila kondisi velg seperti ini di pasangkan pada mobil, akan memengaruhi kondisi stir mobil jadi tidak stabil saat berkendara.

 

3.Material Velg dan Tipe Velg

 

Perhatikan jenis material velg yang akan dibeli dan tipe model yang akan dipasangkan di mobil sesuai dengan kondisi ukuran dan estetika, banyak pilihaan jenis material seperti bahan kaleng, billet, forged alloy, steel, atau magnesium.

 

Selain material, ada juga jenis velg, misalnya one Piece memiliki ketahanan yang baik namun bobotnya lebih berat. Selain itu ada jenis three pieces, jenis ini terbilang ringan dan banyak pilihaan model atau motif, termasuk jika salah satu bagian rusak tidak harus mengganti secara keseluruhan. Tapi, jenis ini tidak sekuat one piece.

 

Setelah mendapatkan velg bekas sesuai dengan pilihan hati dan kantong Anda (kisaran harga Rp 3,5 juta sampai Rp 15 juta), kemudian pastikan membawanya ke bengkel balancing untuk memastikan kembali kondisi velg, daripada harus memasangkan banyak timah pada velg.