Rutin ganti oli

SolusiMobil.com – Service rutin untuk kendaraan yang sering digunakan merupakan hal yang umum dilakukan. Namun bagaimana dengan kendaraan yang jarang digunakan. Apakah juga harus dilakukan service atau ganti oli agar performanya tetap terjaga?


Di Jakarta yang sehari-hari selalu akrab dengan kemacetan, beberapa pemilik mobil lebih memilih menggunakan angkutan umum seperti kereta atau bus untuk mengantarnya beraktivitas. Mereka hanya menggunakan mobil pada saat libur akhir pekan.

Ternyata mobil yang jarang digunakan juga harus tetap diservis secara rutin. Ironisnya, saat ini masih banyak pemilik mobil yang malas melakukan servis rutin karena alasan jarang menggunakan kendaraannya.

Padahal, sama halnya dengan mobil yang sering dipakai, mobil yang jarang digunakan juga membutuhkan servis. Hal ini tentu saja jika Anda ingin mobil yang jarang Anda gunakan tetap dapat bekerja dengan baik jika sewaktu-waktu Anda menggunakannya.

Salah satu perawatan yang harus Anda lakukan jika ingin mobil yang jarang Anda gunakan untuk tetap dalam kondisi baik adalah dengan ganti oli. Meskipun tidak digunakan, oli dapat tetap terkontaminasi dengan unsur lain seperti air.

Oli mobil yang terkontaminasi dapat mengurangi kualitas pelumas. Oleh karena itu ada baiknya Anda tetap mengecek jadwal servis berkala pada mobil Anda yang jarang digunakan, atau setidaknya melakukan ganti oli yang rutin. [Vv/Wa]