Proteksi awal tindak kriminal jalan raya

SolusiMobil.com – Kaca film pada umumnya dipakai untuk menahan panas, mereduksi sinar ultra violet dan menjaga privasi pengemudi di dalam kabin. Namun seiring dengan makin besarnya jumlah kejahatan di jalan raya, kaca film juga berfungsi sebagai pertahanan awal tindak kriminal.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, Ratno, Manager Mutiara Film, spesialis kaca film mobil dan bangunan yang buka gerai di MGK Kemayoran, lantai 6 Blok B1 No 8 Jakarta Pusat mengatakan, mulai banyak konsumen yang mencari kaca film proteksi untuk melindungi mobil dari tumbukan benda tumpul, hingga benda tajam.

 

“Sebetulnya tiap merek biasanya punya kaca film jenis ini. Namun kebutuhannya memang beda. Kaca film jenis ini biasanya dipakai untuk bangunan di jendela luar. Namun ada juga yang pakai di mobil mereka dan dibuat khusus untuk pemakaian mobil,” kata pria ramah ini.

 

Ratno mengatakan, konsumen yang datang untuk menggunakan kaca film jenis ini lebih sedikit dari kaca film biasa. Karena pada dasarnya kaca film biasa juga punya kemampuan untuk meredam benturan, namun tetap tidak sebaik kaca film yang dibuat khusus untuk proteksi benda luar.

 

“Dari luar tidak ada perbedaan dengan kaca film untuk tahan panas. Cuma kaca film untuk proteksi biasanya clear (bening, tidak berwarna). Nah, kaca film ini dipakai untuk lapisan awal (kaca), kemudian ditimpa lagi pakai kaca film biasa di lapisan luarnya,” imbuhnya.

 

Ratno mengatakan, harga kaca film untuk proteksi biasanya lebih mahal dari kaca film untuk penahan panas. Namun tetap tergantung beberapa faktor, mulai merek produsen maupun status produk apakah medium atau premium. “Balik lagi ke mereknya, terus apakah itu medium atau premium,”pungkasnya.[Gls/Wa]