Perlengkapan mobil

SolusiMobil.com - Bagi Anda yang mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, maka tidak ada salahnya menyiapkan sedini mungkin kemungkinan-kemungkinan selama perjalanan, seperti kepadatan lalu lintas-buntutnya waktu tempuh menjadi lebih lama. Ini pastinya akan membuat kenyamanan mudik terganggu.


Untuk itu, bagaimana meminimalisir kemungkinan-kemungkinan tersebut selama perjalanan mudik nanti ? Ada baiknya Anda sudah menyiapkan list barang-barang yang wajib dibawa selama mudik berkendara. Dilansir Dapurpacu, list barang yang wajib dibawa antara lain;

1. Kartu Transaksi Non Tunai
Menggunakan kartu transaksi non tunai maupun voucher, jelas bisa mengurangi waktu saat proses transaksi, karena kita tidak perlu direpotkan mencari uang pas. Ini juga lebih aman, sebab Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak di saku.

2. Powerbank dan charger mobil
Rasa-rasanya, barang elektronik bernama smartphone dan kamera tidak pernah absen dari list barang bawaan selama perjalanan jauh. Karena itu, powerbank menjadi alat pendukung yang jangan sampai terlupakan.

Minimal powerbank dengan daya 10000 mAh, atau teknologi solar charger. Selain itu, charger mobil juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan daya baterai gadget Anda.

3. Bantal leher
Salah satu penyebab utama nyeri leher saat mengemudi adalah posisi leher yang tidak tepat. Terlebih lagi ketika mudik, seseorang rata-rata dapat berada di mobil lebih dari empat jam. Untuk mengurangi ketidaknyamanan itu, bawalah bantal leher, untuk tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat.

4. Jaket atau sweater
Bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal. Kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu, mengharuskan Anda untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

5. Senter
Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil kala hari sudah gelap, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa.

6. Perlengkapan P3K
Kondisi badan yang fit sangat penting agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang.

7. Komponen dan Perkakas Mobil
Bila mengendarai mobil sendiri, pastikan bahwa mobil yang dikendarai untuk mudik memiliki komponen lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya.

Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap seperti dari Kenmaster, dongkrak, maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal yang kurang diinginkan. Pompa ban juga dapat menjadi pilihan cerdas untuk dibawa dan dimanfaatkan pada kondisi darurat. Melalui persiapan yang tepat, mudik tentunya akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan.