istimewa

SolusiMobil.com - Pernahkah Anda berpikir mengapa knalpot diletakkan di sebelah kanan? Apakah ada mekanisme khusus dari motor yang menyebabkan knalpot harus berada di sana?

Tidak. Tidak ada hubungannya dengan mesin atau mekanisme motor. Hanya saja, alasan mengapa knalpot berada di sebelah kanan adalah berhubungan dengan manusia sendiri.
 
Orang kerap kali naik motor dari arah kiri. Bahkan turun motor pun ke sebelah kiri. Sangat jarang kita temui orang yang memang terbiasa naik dan turun motor dari sisi kanan. Bahkan orang kidal sekalipun tidak ada pengaruhnya. Mereka akan tetap naik motor dari sisi kiri.
 
Nah, karena orang banyak yang naik dan turun dari sisi kiri, makanya knalpot diletakkan di sebelah kanan. Jelas ini ditunjang dari segi keamanan. Bayangkan jika knalpot berada di kiri dan orang turun dari kendaraan dari kiri juga. Peluang kaki bakal 'ketempelan' knalpot akan semakin besar. Mungkin akan kita jumpai banyak betis-betis menghitam akibat dicium knalpot. Bahkan meskipun knalpot sekarang sudah ditetapkan di kanan, masih saja ada orang yang memiliki tanda bekas dicium knalpot di salah satu betisnya. Percayalah!
 
Itulah jawaban mengapa knalpot diletakkan di sebelah kanan. [rsd]