Sensor parkir aftermarket

SolusiMobil.com - Seiring perkembangan teknologi, kehadiran sensor parkir pada kendaraan baru sudah seperti instrumen wajib. Tentu saja, penggunaan sensor parkir mempermudah pengemudi terutama saat parkir mundur karena mendapatkan peringatan berupa suara.


Bagi mobil lawas yang tak dilengkapi sensor parkir, tak perlu khawatir. Sebab, beragam gerai aksesori khusus mobil pun kini menyediakan perangkat canggih tersebut.

Salah satunya Dynasty Motor yang merupakan gerai aksesori Car Audio, Auto, Alarm, Seat Cover, yang berlokasi di Duta Mas Fatmawati lantai 1 No 24, Jakarta Selatan.

Menurut Hennie, pemilik Dynasty Motor, sensor parkir yang dijualnya beraneka ragam. Produk yang ditawarkan didatangkan dari China, Taiwan hingga Thailand.

"Kalau cuma sekadar sensor parkir dengan tanda bunyi 'beep' itu sekira Rp250 ribu termasuk pemasangan. Sensor ini diterapkan tentunya di bagian belakang," kata Hennie, dikutip dari VIVA, Kamis, 27 April 2016.

Sementara untuk sensor parkir dengan fitur kamera tanpa ada rombakan pada sistem audio, harga yang ditawarkan untuk mobil khusus sebesar Rp700 ribu, sedangkan untuk model mobil universal (segala jenis mobil) dijual sekira Rp200-400 ribu.

Namun jika untuk paket lengkap, dengan tambahan kamera belakang dan monitor, tentu harga yang ditawarkan bisa lebih bervariasi tergantung merek, tipe, serta fitur-fitur lainnya yang lebih menarik.

"Itu bisa antara Rp1,5 juta sampai Rp10 jutaan. Karena berbeda merek tentu beda aplikasi dan fitur juga beda, kalau yang murah biasanya buatan China," ucapnya.

Hennie juga menyatakan, pemasangan paling lama dilakukan selama dua jam dengan garansi selama tiga bulan.[Hm/Wa]