Tangki Bensin Mobil

SolusiMobil.com – Perawatan berkala tentunya menjadi jadwal rutin bagi pemiliki kendaraan. Mobil dengan kondisi prima tentunya akan memberikan kenyamanan dalam berkendara dan bebas gangguan. Namun perlu disadaru, satu komponen yang tidak termasuk dalam perawatan berkala, tapi sebaiknya diperiksa dan dibersihkan tiap beberapa tahun sekali.

 

Komponen yang dimaksud adalah tangki bensin. Dikutip dari Viva, menurut Technical Service Division Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman, jadwal menguras tangki tidak pakai ukuran angka odometer.

 

Pengerjaannya tergantung kebutuhan, sesuai kesehatan mobil dan gejala yang dirasakan pengemudi. “Faktanya, tergantung kualitas bahan bakar yang masuk,” ujar Iwan.

 

Tangki bahan bakar kotor adalah sumber penyakit yang sering luput dari pengecekan. Kotoran yang mengendap, berpotensi menyumbat suplai bahan bakar ke mesin, hingga membuat kerja mesin tidak normal.

 

Walau tidak masuk dalam menu perawatan rutin, Anda tak perlu khawatir. Kuras tangki dapat dilakukan di bengkel resmi Toyota, sesuai kondisi atau permintaan konsumen. Biayanya disesuaikan standar upah jam kerja teknisi, berdasarkan model mobil.

 

Pada Mobil Avanza, kuras tangki butuh waktu dua jam. Sementara, satu jam kerja dihitung sekitar Rp130 ribu. Beda lagi dengan Innova, satu jam kerja sekitar Rp240 ribu.

 

Kuras tangki disarankan untuk mereka yang kerap mengisi bahan bakar di SPBU yang kualitasnya diragukan. Mobil-mobil yang menggunakan sistem injeksi juga sebaiknya dikuras tangki bahan bakarnya tiap beberapa tahun, agar pompa bensin bebas dari masalah. (ase/wa)