Kode Ban

SolusiMobil.com – Sebagai komponen terpenting dari kendaraan, ban memiliki jenis dan karakter yang berbeda-beda. Masing-masing ban disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang memakainya. Pihak produsen sendiri telah memberikan keterangan spesifikasi ban dalam bentuk kode unik yang dicetak pada ban.

 

Lalu, bagaimana cara membaca kode tersebut? Berikut cara membaca kode ban yang dikutip dari Dapurpacu. Sebagai contoh, Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standard pabrikan memiliki kode 185/65/R16 88H.

 

Lebar, dan Tinggi

 

Angka 175 menunjukkan kode lebar telapak ban yang memakai satuan ukur milimeter, jadi angka tersebut berarti telapak ban memiliki lebar 175 milimeter.

 

Berikutnya ada angka 65, menunjukkan ketebalan/tinggi dinding ban yang dihitung melalui persentase lebar ban, maka 65 adalah tebal/tinggi ban 65% dari lebar telapak. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin tipis dinding ban.

 

Konstruksi, dan Diameter

 

Kode R menjadi kode yang kerap disalah artikan, yakni sebagai ‘Ring’ atau satuan diameter, padahal kode R maksudnya adalah keterangan konstruksi ban, tepatnya dibuat dengan teknik Radial. Angka 16 baru menandakan diameter lingkar ban, yakni 16 inci.

 

Beban dan Kecepatan Maksimum

 

Untuk angka 88 menandakan indeks beban maksimal yang mampu ditopang ban, di mana 88 berarti satu ban mampu menopang beban hingga 560 kilogram. Untuk mobil, indeks beban maksimum dibuat antara 62 (265 kg) hingga 126 (1700 kg).

 

Kemudian ada kode H, menandakan batas kecepatan yang dapat ditempuh dengan ban tersebut, yakni 210 km/jam. Kode terendah adalah F dengan batas 80 km/jam, sementara tertinggi adalah Y untuk bisa capai 300 km/jam.

 

Masa Produksi

 

Tidak ketinggalan, selain kode-kode di atas, ada juga kode yang menandakan masa produksi ban tersebut, dengan keterangan pekan dan tahun produksi. Sebagai contoh, bila di dinding ban dekat bibir velg terdapat kode 1015, artinya ban diproduksi pada pekan ke-10 tahun 2015.

 

Kode-kode tersebut bisa menjadi panduan Anda saat akan membeli ban untuk mobil kesayangan atau ingin memodifikasi velg.