Kelebihan Ban Tubeless

SolusiMobil.com - Ban tubeless merupakan roda yang dirancang tanpa ban dalam. Awalnya, ban jenis ini diperuntukkan bagi sepeda gunung. Namun, seiring berjalannya waktu, ban tubeless rupanya juga diterapkan di kendaraan bermotor.


Dilansir VIVA, menurut General Manager Marketing and Sales Retail Gajah Tunggal, Arijanto Notohardjo, berbagai kelebihan ditawarkan ban tubeless, yakni praktis saat digunakan. Mayoritas pengemudi memilih ban tubeless, karena tak gampang kempis jika menghantam benda tajam, atau dalam kondisi bocor.

Tak cuma orangtua, ban jenis demikian juga sudah banyak dilirik kalangan anak muda dengan berbagai pertimbangan. "Saat ini kebanyakan sudah mulai beralih ke tubeless untuk sepeda motor, termasuk anak muda," tambahnya.

Terbilang beralasan, karena ban jenis ini dinilai lebih menggigit dan stabil jika dibawa menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi. Ari mengatakan, anak muda saat ini lebih memilih ban yang memiliki gaya modern dan stylist, karena dianggap mampu mempercantik kendaraan tanpa harus melupakan fungsi utamanya.

"Kalau di kami itu seperti Zeneos, karena memang memiliki bentuk yang banyak disukai anak muda dan pastinya stylist," kata Ari.

Kelebihan lainnya yang ada pada ban tubeless yakni dianggap memiliki kelebihan saat menginjak paku atau benda tajam lainnya, sehingga motor tidak mudah kempis dan dapat diajak jalan. Karena kelebihan ini, pabrikan pun kini ramai-ramai menggunakan ban tubeless pada sepeda motor terbarunya.[Dt/Wa]