Perawatan radiator

SolusiMobil.com - Iklim yang tak stabil disertai hujan yang turun secara deras, dapat menimbulkan masalah pada komponen-komponen motor. Salah satunya adalah radiator, yang bertugas menjaga suhu mesin agar tetap stabil.


Penyebab umum yang membuat radiator bermasalah adalah genangan air berlumpur, yang akan membuat radiator kotor. Kalau sudah begini, radiator harus sering dibersihkan.

Posisi radiator pada motor sport berada dibawah tangki bensin. Sementara pada motor matik, biasanya radiator diletakkan di kanan bawah dekat knalpot.

Namun, selain dibersihkan, kualitas dan kuantitas cairan pendingin juga perlu diperiksa secara berkala. Berikut beberapa tips seputar radiator motor.

Cek penampung cairan cadangan. Untuk motor matik ada di balik jok, sedangkan sepeda motor sport di sisi kiri. Jangan sampai kering, lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas atas dan bawah.

Harus menggunakan cairan khusus (coolant) karena mengandung bahan pencegah karat, kerak serta mengurangi penguapan dan stabilitas suhu. Jangan menggunakan air murni atau air keran, karena tidak punya sifat seperti coolant.

Bersihkan secara rutin, apalagi setelah terendam banjir. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi membuat sirkulasi udara terganggu. Untuk membersihkannya, cukup semprot dengan air bertekanan sedang. Jangan terlalu kencang, karena bisa merusak kisi-kisi. Untuk kotoran yang membandel, cabut secara manual alias menggunakan tangan atau pinset.[Vv/Wa]