Mobil terjang banjir

SolusiMobil.com - Banjir yang merendam mobil hingga masuk ke kompartemen mesin tidak hanya membawa dampak jangka pendek, namun juga berpotensi merusak mesin pada jangka panjang. Mengantisipasi kerusakan jangka pendek dilakukan dengan mengganti oli mesin, oli transmisi, oli gardan, saringan udara, serta menguras tangki bahan bakar.

Lalu, bagaimana dengan potensi kerusakan jangka panjang? Kerusakan paling mungkin terjadi pada komponen-komponen mesin dan sistem kelistrikan.

Dilansir dari Astraworld, Kamis, 21 April 2016, tiga komponen berikut ini perlu diwaspadai akan mengalami kerusakan pada jangka waktu tertentu, setelah mobil menerjang banjir.

Yang pertama yaitu motor starter. Komponen ini berfungsi memutar mesin saat kunci kontak dinyalakan. Dalam kondisi normal, motor starter umumnya harus diganti setelah kurang lebih empat tahun.

Pada mobil yang pernah melewati atau terendam banjir, kerusakan dapat terjadi lebih cepat. Jika mengalami kerusakan akibat terendam banjir, maka saat mesin dinyalakan, hanya muncul suara dari starter, tanpa dibarengi dengan nyalanya mesin.

Kejadian ini dapat ditangani dengan membongkar dan membersihkan bagian dalam motor starter. Kalau ditemukan kerusakan, segera ganti komponen yang rusak.

Yang kedua adalah alternator, yang berfungsi mengisi aki saat mesin sedang hidup. Pada kondisi normal, indikator aki akan mati saat mesin dihidupkan.

Kerusakan akibat banjir pada komponen ini akan menyebabkan gambar aki pada dasbor terus menyala saat mesin dinyalakan. Solusinya, bongkar komponen ini untuk mengetahui komponen apa saja yang rusak, sebelum dilakukan penggantian.

Terakhir adalah kipas pendingin mesin. Banjir dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini, sehingga suhu mesin menjadi terlalu panas. Menerjang banjir dengan kecepatan tinggi juga bisa mengganggu putaran kipas.

Untuk mengantisipasi komponen ini rusak, segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Apabila terlihat karat di bagian dalam motor kipas, segera ganti komponennya dengan yang baru.

Sebaiknya segera lakukan pengecekan ketiga komponen di atas, jika banjir sempat merendam mobil. Minta bantuan mekanik di bengkel resmi, agar proses perbaikan atau penggantian lebih terjamin.[Ms/Wa]