Plat nomor kunci

SolusiMobil.com - Saat membeli mobil baru, biasanya Anda akan diberi satu set anak kunci. Umumnya diler memberikan tiga anak kunci, yang mana salah satunya bisa digunakan hanya untuk menyalakan mesin dan membuka pintu saja.


Biasanya, diler akan menyerahkan tiga buah anak kunci dalam satu pengait berbentuk lingkaran. Pada pengait itu juga tergantung sebuah pelat atau lempengan logam tipis.

Kebiasaan pemilik kendaraan adalah mengambil satu anak kunci beserta pelat tipisnya. Seharusnya, pelat ini disimpan di rumah, dan baru digunakan saat pengendara kehilangan anak kunci lainnya.

Karena, pada pelat tadi terdapat nomor seri yang memudahkan pemilik mobil mendapatkan anak kunci pengganti, apabila suatu saat anak kunci utama tersebut hilang.

Dilansir dari VIVA, Rabu, 11 Mei 2016, jika Anda perlu kunci tambahan, diler bisa membuat duplikat dengan melihat nomor seri pada pelat itu. Makanya, disarankan juga agar pengendara mencatat nomor tersebut dan menyimpannya.

Meskipun terihat tidak terlalu penting, tetapi cukup merepotkan, seandainya suatu ketika anak kunci benar-benar hilang.

Nah, agar tidak mengalaminya, periksalah kembali anak kunci mobil Anda. Pastikan pelat Anda simpan di rumah, agar tidak tercecer.[Kw/Wa]