Kabin Toyota Avanza

SolusiMobil.com - Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat kita selalu nyaman selama berada di dalam mobil, paling sederhana dan murah adalah dengan menjaga kebersihan kabin. Apalagi mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak seperti Toyota Avanza, kebersihan menjadi hal utama untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh penumpang.

 
Langkah menjaga kebersihan kabin Avanza kesayangan, Anda bisa memulainya dengan memerhatikan kondisi dashboard. Karena, bagian ini adalah yang paling jelas dan mudah terlihat oleh mata. Cara perawatan dashboard tidak sulit, apalagi dashboard Avanza terbuat dari bahan plastik bukan dari bahan fabric atau kulit yang perlu perawatan khusus.
 
Dikutip dari Dapurpacu, terpenting pastikan bagian-bagian lipatan yang biasanya tempat debu atau kotoran masih menempel aman. Jika ingin menjaga warna dashboard tetap seperti baru, karena bagian ini juga lebih cepat ‘kubas’ akibat sinar matahari, maka pergunakan cairan pembersih khusus.
 
Selanjutnya bagian karpet. Pilihlah karpet yang mudah dibersihkan seperti karpet yang terbuat dari bahan karet sistesis sehingga mudah dicuci, daripada bahan beledru.
 
Sementara bagian langit-langit atau plafon, Anda bisa menyiapkan kain lap dan usahakan dari bahan microfiber agar tidak merusak permukaan plafon. Kemudian, hindari menggunakan sabun atau deterjen saat membersihkan plafon, jadi cukup air bersih saja.
 
Setelah memastikan kebersihan kabin, alangkah baiknya dilengkapi dengan wewangian ruangan khusus untuk kabin mobil. Namun, saat mencari pengharum kabin, perhatikan juga bahannya.
 
Hindari bahan dari gel atau padat karena silikon yang tercampur di dalamnya dapat memberikan dampak warna kuning pada interior bila terkena panas. Bahkan, tipe gel dalam waktu lama bisa berubah menjadi kerak dan meninggalkan bau.