Ban Bridgestone

SolusiMobil.com - Ketika membeli ban, pilihlah yang memiliki tanggal produksi paling baru supaya terhindar dari ban kadaluarsa. Anggapan ini masih kerap ditemui ketika konsumen ingin mengganti ban, namun tidak dilakukan di toko resmi.


Dilansir Dapurpacu, Herry Maylanda, Product Planning, Consumer Products Technical Service PT Bidgestone Tire Indonesia (BSIN) mengatakan, anggapan tersebut tidak benar. Sebab pada dasarnya ban tidak memiliki tanggal kadaluwarsa selama belum digunakan.

Kode produksi yang biasanya tertera di dinding ban, kata Herry, lebih ditujukan untuk kepentingan produsen dalam pelacakan ketika terjadi sesuatu hal. Sehingga kode tersebut tidak dapat dijadikan rujukan dalam memilih suatu ban.

“Itu hanya untuk memudahkan pelacakan oleh pabrikan ketika terjadi sesuatu, bahkan siapa yang bertugas dalam produksi ketika itu pun bisa diketahui dari kode produksi. Jadi bukan untuk petunjuk ke konsumen, tapi untuk produsen,” terang Herry.

Herry menambahkan, hal terpenting yang perlu diperhatikan konsumen ketika memilih ban ialah proses penyimpanan. Walaupun ban tidak memiliki umur kadaluarsa, penyimpanan yang kurang baik akan memengaruhi performa ban ketika digunakan.

“Terpenting ialah cara penyimpanannya. Kami pernah lakukan pengujian pakai ban lama yang disimpan selama 10 tahun, hasilnya hampir sama. Misal pun ada, sangat kecil, dan sulit dibedakan dengan ban produksi terbaru,” katanya.

Cara Penyimpanan
Agar ban tetap dalam kondisi baik, Herry menyarankan untuk meletakkan ban dalam posisi berdiri di dalam rak. Kemudian jangan simpan ban dalam ruangan lembab atau suhu terlalu panas, idealnya sekitar 27 derajat Celsius.

“Kita selalu sarankan ban untuk ditaruh di rak. Suhu ruangan harus ideal. Kalaupun harus di tumpuk jangan terlalu banyak. Sesuaikan dengan berat jenis ban sehingga tidak membuat ban peyang, atau pipih karena terhimpit,” tuturnya.[Gls/Wa]