Proguard Motor

SolusiMobil.com - Banyak pemilik sepeda motor yang memasang besi kecil di ujung setang. Besi ini bentuknya memanjang berbentuk ‘L’ dan menutupi tuas rem. Komponen ini dapat dengan mudah dibeli di toko aksesori motor dengan harga beberapa puluh ribu rupiah. Selain bisa membuat penampilan motor terlihat lebih keren, ternyata aksesori yang kerap disebut dengan nama Proguard ini juga memiliki fungsi penting.

 

Dikutip dari VIVA, Proguard sebenarnya pertama kali digunakan di lintasan balap. Pada 2011 silam, Federasi Sepedamotor Internasional (FIM) mewajibkan semua motor yang berlaga di ajang MotoGP untuk dipasang alat pelindung tuas rem.

 

Alat ini berguna untuk mencegah tuas rem tertekan tanpa sengaja saat motor bersenggolan atau terjatuh. Seperti yang kita ketahui, dalam balapan terkadang sesama pembalap berada terlalu dekat, sehingga mungkin saja setang motor mereka bersenggolan.

 

Namun kini, aturan pemakaian Proguard diperluas hingga ke semua balap yang berada di bawah naungan FIM. Bahkan, beberapa pabrikan motor juga menyediakan Proguard sebagai tambahan untuk motor produksi mereka. Salah satu pabrikan yang menyediakan alat ini adalah Ducati. Menurut pihak Ducati, pelindung tuas rem buatan mereka dapat dipasang pada semua motor Ducati, baik versi jalan maupun balap. (Kw/Wa)