SolusiMobil.com - Kehebatan Sport Utility Vehicle (SUV) memang bisa diandalkan untuk segala medan. Selain bodinya yang lebih berotot, mobil dengan jenis ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun sudah pasti semua itu tak luput dari teknologi dan mesinnya untuk menjadi prioritas utama dalam setiap kendaraan.

Lalu bagaimana ya kalau kita bandingkan dengan sesama SUV namun berbeda merek? Kita bahas yuk..

Saat ini mobil SUV baru tengah banyak dan menyebar luas, salah satunya yang akan kita coba bandingkan yaitu Honda CR-V dan Mazda CX-5. Yuk ikutin terus pembahasannya..

Honda CR-V

CR-V hadir dengan menggunakan projector lamp yang besar layaknya mata melotot. Kombinasi bumper yang membentang dan grill mungil menyatukan keduanya hingga tampil ciamik. Fog lamp juga tak luput dari pandangan.

Desain pelek baru menghasilkan New CR-V lebih modern. Mulai depan hingga belakang bodi CR-C sangat seksi.

Sementara interior mobil SUV itu sangat nyaman di mata lewat perpaduan warna hitam dan beige. New CR-V menggunakan Automatic with Dual Zone Climate Control memudahkan mencari temperatur ideal pada sisi pengemudi dan penumpang. Sedangkan tampilan speedometer lengkap LCD Display Panel yang memberikan informasi BBM, temperatur. Teknologi ini juga tersemat pada Outlander Sport dan Mazda CX-5.

New CR-V dipersenjatai 2 tipe mesin yakni 2.000 cc i-VTEC SOHC dan 2.400 cc i-VTEC DOHC. Untuk mesin  2.000 cc i-VTEC SOHC mampu menghasil tenaga 148 dk pada 6.200 RPM dan torsi 190 Nm pada 4.200 RPM.

Mesin ini cukup 1 liter bensin untuk menjangkau jarak 9 km (dalam kota) dan (luar kota). Dan mesin 2.400 cc i-VTEC DOHC bertenaga 168 dk 5.800 RPM dan torsi sebesar 218 Nm pada 4.200 RPM.

Mazda CX-5

Mobil dengan bahasa desain 'Kodo-Soul of Motion' ini sangat berkarakter dengan head lamp dan grille honeycomb.

Perpaduan itu terkesan elegan jika dikategorikan SUV Jepang terlebih dengan bodi yang tidak banyak aksen.

Sedangkan bodi belakang, desainer Mazda sepertinya lebih cerdas dan sangat proporsional. Tak banyak guratan di bodi belakang layaknya sang kakak yaitu Mazda CX-7 dan CX-9.

Sedangkan interior Mazda CX-5 cukup ruwet dengan banyak tombol di kemudi dan dashboard bagian tengah. Belum lagi layar sentuh 6 inci di tengah dashboard. Dan untuk membuat penngendara dan penumpang merasa nyaman, Mazda telah membenamkan jok empuk di setiap titik.

Mazda CX-5 diperkuat dengan mesin SKYACTIV-G 2.000 cc port injection bensin. Untuk mesin bensinnya memiliki kompresi tinggi 14:1 (di Indonesia 13:1) yang mampu menghadirkan tenaga besar namun diakui 15 persen lebih irit bahan bakar minyak.

Nah, sekiranya itulah perbandingannya dari kedua SUV tersebut. Anda sendiri yang akan menilai hasil perbandingan ini, siapa yang pantas menjadi juaranya. [Dedi]