Cara pengoperasiannya :

SolusiMobil.com - Matic, anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil manual. Pada mobil dengan transmisi manual , kedua kaki anda aktif, kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem atau gas.
 

Jadi pada mobil matic, kaki kiri anda bebas sama sekali, sedang tangan kiri anda juga bebas , kecuali anda mundur , parkir, dan pertama kali bergerak maju.

Sistem kerja dari versnelling matic dan Sistem kerja dari versnelling manual
Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)

Matic atau Transmisi kecepatan automatic , fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara automatic dengan putaran mesin atau di jalan menurun dengan putaran mesin rendah , oleh karena ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga akan terjadi percepatan secara automatic. Manual atau Transmisi , Fungsi kecepatan kendaraan disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur secara manual dan bertahap , pada jalan menurun dengan putaran mesin rendah transmisi manual dapat menjadi alat bantu pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan matic simple dan pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada jalan licin dan berlumpur.

Perbedaan yang paling jelas adalah:

Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis

Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil manual memungkinkan pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran mesin terhadap roda untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.

Berikut penjelasan singkatnya:

Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik

Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan. pengemudi hanya perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.

Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi

Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio berbeda-beda didalam sebuah box transmisi. dari dalam transmisi tersebut, terdapat tuas yang biasa anda gerakkan ketika anda ingin menambah gigi untuk mendapatkan rasio yang lebih berat saat berakselerasi. tuas tersebut mengatur pasangan roda gigi mana yang digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan yang dipilih oleh pengemudi. jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada putaran mesin dan memindahkan gigi transmisi disaat yang tepat untuk melakukan akselerasi mulai berhenti hingga kecepatan yang diinginkan. Itulah perbedaan mendasar pada mobil manual dan mobil matic.


mobil matic tidak ada pedal clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri, untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki, yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas atau rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada setiap pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti penginjakan pedal clutch.

Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia

Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai sumber utama penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem transmisi matic yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis karena ada komponen yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :

1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)


kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling

[D2C]