Ilustrasi Transmisi Manual

SolusiMobil.com - Saat ini lebih banyak wanita yang memilih mengendarai mobil bertransmisi manual dibanding pria. Setidaknya demikian hasil penelitian sebuah situs rental kendaraan, swapalease.com.

 

Sejujurnya info tersebut cukup mengejutkan, mengingat selama ini kesan yang terbentuk ialah bahwa kaum pria lebih menyenangi berkendara dengan transmisi manual, diantaranya karena karena akselerasi spontannya lebih memicu adrenalin.
 
Swapalease mengadakan penelitian di Amerika dengan mengambil sampel dari sekitar 50.000 kendaraan yang dirental melalui situs mereka. Dengan melihat data penyewaan dari tahun 2012 hingga 2015, riset tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa jumlah pria yang menyewa mobil bertransmisi manual menurun tiap tahunnya, berbanding terbalik dengan kenaikan jumlah wanita yang ingin mengendarai mobil manual. Sebagai contoh, situs tersebut menemukan bahwa pada 2012 ada 3.102 mobil transmisi manual yang disewa, sementara tahun 2015 jumlahnya menurun 22% menjadi 2.417. Nah dari kuantitas tersebut pada 2012, 85,4% peminjam adalah pria, namun ditahun 2015 jumlah pria yang menyewa dan mengendarai mobil manual menyusut jadi 81,2%. 
 
Ya, mungkin memang statistik tersebut belum terlalu spesifik dan absolut, namun indikasi ini cukup masuk akal jika dihubungkan dengan stereotipe bahwa kaum pria cenderung berpikir lebih logis. Memang harus diakui dengan semakin banyaknya mobil yang membanjiri jalanan, maka transmisi otomatis adalah sebuah pilihan logis sebab lebih mudah digunakan dan biasanya lebih hemat bahan bakar. Bahkan Jeremy Clarkson sendiri, seorang jurnalis serta presenter Top Gear yang gemar menggunakan transmisi manual, baru-baru ini mengatakan bahwa ia mendukung terjadinya pergantian transmisi manual ke otomatis.[ab/tm]