Yamaha X-MAX 250

SolusiMobil.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Februari 2015, meluncurkan skuter matik bertubuh bongsor, NMax, di Tanah Air. Motor tersebut menjadi kendaraan roda dua yang digandrungi masyarakat.


Hal ini setidaknya terbukti dari penjualan Yamaha NMax yang terbilang moncer, dan menjadi salah satu tulang punggung pabrikan berlogo garpu tala itu di Indonesia, dewasa ini.

Ada dua model NMax yang kini beredar di pasaran, yakni versi Antilock Braking System (ABS) dan non ABS. Versi non ABS meluncur pada Juni 2015 sebagai NMax versi murah. Setelah secara resmi mengaspal selama satu tahun di Tanah Air, rupanya banyak permintaan masyarakat yang menginginkan Yamaha NMax hadir dengan sejumlah pembaruan.

"Kalau yang nanya perubahan NMax sudah banyak, terutama teman-teman (komunitas) NMax generasi pertama. Mereka sudah satu tahun ini menggunakan motor itu, jadi sudah mau next (generasi baru)," ungkap Asisstant General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 1 Mei 2016, yang dikutip dari VIVA.

Perubahan yang diiinginkan konsumen, kata Masykur, tidak hanya dari bentuk dan warna NMax, namun lebih kepada kapasitas mesin yang lebih besar alias model baru.

"Sekarang, mereka mulai melihat segmen mesin, kalau aksesori dan cat warna sudah banyak. Konsumen itu sudah bosan, sehingga larinya tinggal ke performa mesin. Mereka enggak bicara secara langsung, tapi kami sudah tahu bila arahnya kepada performa. Iya, minta kapasitas mesin dinaikkan," tuturnya.

Saat disinggung mengenai kesiapan Yamaha untuk meluncurkan NMax dengan kapasitas mesin lebih besar, Masykur menegaskan kemungkinan besar akan hadir pada 2017. "Enggak tahun ini. Kalau tahun depan, mudah-mudahan saja. Saya belum bisa komentar mengenai hal itu," katanya.

Sementara itu, menurut salah seorang sumber terpercaya yang tidak mau disebutkan namanya, saat ini Yamaha memang sedang mempersiapkan NMax 250cc untuk pasar Indonesia. Ia menyebutkan motor tersebut diperkirakan siap mengaspal pada Agustus 2016.

Pernyataan itu tentu berbeda dengan ungkapan Masykur yang mengaku jika NMax 250cc akan diluncurkan pada 2017.

“Saat ini, Yamaha sedang mempersiapkan NMax dengan mesin 250cc. Kalau di luar itu biasanya dikenal dengan nama X-Max. Kita tunggu saja,” ujar sumber tersebut.

Sumber tersebut bahkan menyebut banderol yang sekiranya bakal disemat pada NMax 250. Dia mengatakan, motor ini akan dijual dengan harga sekira Rp45 jutaan.

“Harganya itu berkisar Rp45 sampai Rp50 jutaan. Wujudnya hampir sama dengan NMax yang ada saat ini, hanya mesinnya yang berbeda. Pengguna NMax saat ini suka dengan performa mesin yang lebih besar, karena itu banyak yang menunggu motor ini,” kata sumber tersebut.

Sebagai informasi, X-Max merupakan skutik bermesin 250cc dengan pendingin mesin tipe Liquid-Cooled yang mengusung teknologi Fuel Injection (FI).[Dt/Wa]