Motot listrik Gesits

SolusiMobil.com - Motor listrik hasil kerjasama Garansindo dan ITS dengan Garansindo Electronic Scooter ITS (Gesits) dinilai sejumlah pihak butuh persiapan matang sebelum dilepas ke pasar. Mulai dari aspek dampak lingkungan, keselamatan konsumen, infrastruktur, dan regulasi.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo mengatakan, untuk urusan regulasi motor listrik yang belum jelas, itu merupakan tanggung jawab pemerintah. Di mana dalam hal ini sedang digodok intensif dan ditargetkan selesai pada akhir tahun.

Al malah berpendapat, salah satu kendala regulasi tidak kunjung rampung lantaran pemerintah dalam hal ini melibatkan asosiasi otomotif semisal Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

“Justru karena dalam penyusunan regulasi melibatkan AISI dan atau Gaikindo, yang merupakan asosiasi kendaraan konvensional yang telah merajai industri otomotif Indonesia, tentunya syarat akan kepentingan bisnis mereka sendiri,” ungkap Al.

Terkait adanya pihak yang dirasa ‘mencibir’ kelahiran Gesits, Al mengingatkan semua pihak untuk tidak berkomentar negatif dan berprasangka buruk. Terlebih jika hal itu datang dari AISI, yang seharusnya berperan lebih dalam mengembangkan produk anak bangsa.

“Mengingat AISI adalah asosiasi yang seharusnya berperan tidak hanya untuk kepentingan bisnis para anggotanya, seharusnya juga bisa memberikan aspek positif secara luas kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” tambah Al.[Gls/Wa]