Motor listrik buatan Indonesia

SolusiMobil.com - Sejak 2015 lalu, Garasindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah menciptakan kendaraan guna mewujudkan keinginan masyarakat memiliki sepeda motor listrik nasional. Tak membutuhkan waktu lama, ITS secara resmi mengatakan bila pihaknya telah selesai menciptakan kendaraan roda dua ramah lingkungan.


Terlebih sebuah video yang menunjukkan motor listrik bergaya skuter matik (skutik) yang diyakini sebagai hasil dari kerjasama tersebut telah dapat dikendarai. Meski belum melakukan uji coba secara total, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto, mengatakan, motor listrik tersebut dapat menempuh jarak hingga 100 km dengan keadaan baterai terisi penuh.

“Saya baru bisa bilang secara data, karena kita belum melakukan uji coba jarak jauh hanya baru sekitaran kampus. Baterai pada motor mampu menempuh jarak hingga 100 km sekali isi daya,” katanya.

Untuk kecepatan yang dihasilkan, motor ini, diakui Muhammad, mampu mencapai kecepatan hingga 100 sampai 110 km per jam. “Kalau dari hasil simulasi kami, motor ini mampu menempuh kecepatan hingga 100 sampai 110 km per jam. Tapi untuk realnya kita masih belum melakukan uji coba,” terangnya.

Selain itu, Muhammad menambahkan untuk jangka waktu pengisian daya baterai, motor listrik ini diklaim dapat diisi layaknya peralatan elektronik lainnya di rumah. Caranya sangat mudah, yakni hanya dicharge selama 4 jam.

“Garasindo menginginkan pengisian baterai itu sangat mudah. Baterai dicopot sehingga pemilik yang menggunakan nanti tidak perlu menghabiskan waktu mengisi daya. Jadi baterai berisi penuh akan dijual dan pemilik hanya perlu mendatangi tempat pengisian lalu mengganti baterai dengan yang telah berisi penuh. Kami buat semudah mungkin untuk pemilik kendaraan. Kalau mau diisi di rumah hanya 4 jam, caranya sama seperti penggunaan alat eletronik,” katanya. [Vv/Wa]