Yamaha Tricity

SolusiMobil.com - Pasar otomotif Tanah Air tak pernah sepi dari kehadiran produk-produk sepeda motor terbaru.  Sejak awal 2016, sudah ada banyak motor keluaran terbaru yang diluncurkan agen pemegang merek (APM). Contohnya Yamaha Xabre, Yamaha Mio Z, All New Honda CBR 150R, dan Honda Supra GTR 150.

 
Bukan hanya produk terbaru roda dua ataupun roda empat, Yamaha tampaknya segera meluncurkan produk terbaru lainnya. Dikutip dari VIVA, hal ini diketahui berdasarkan penelusuran di laman resmi Kementerian Perindustrian, Senin 30 Mei 2016
 
Dalam laman tersebut, tampak izin impor motor Yamaha dengan kode BB8 sudah diterbitkan. Artinya, motor tersebut bisa segera dijual ke konsumen.
 
Menanggapi hal tersebut, Assistant General Manager (GM) Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, menjelaskan bahwa untuk produk Yamaha Tricity hanya untuk pasar Eropa. Hal ini dikarenakan Thailand sebagai basis produksi masih fokus terhadap pangsa Eropa.
 
"Kita baru rencana di Eropa saja. Di Eropa juga baru terima barangnya 1 September. Artinya di Thailand sebagai based production untuk global model ini mereka masih dalam persiapan produksi," kata Masykur di Jakarta Fair Kemayoran.
 
Namun, ia tetap tak menutup kemungkinan motor beroda tiga tersebut akan dipasarkan di Indonesia, meski belum jelas kapan. "Kita belum tahu jadwal untuk Indonesia kapan kita belum tahu. Kita masih menunggu informasi dari mereka (Thailand) apakah kita sudah boleh jualan apa tidak," kata Masykur.
 
Sementara itu, untuk pasar motor unik ini, Masykur mengatakan bahwa peminatnya tidak sebanyak N-Max. Hal ini dikarenakan harganya yang cukup mahal. "Untuk pasarnya, pasti kebanyakan rich market dan tidak mungkin sebanyak N-Max, hal ini dikarenakan pasarnya kecil. Ya perkiraan tidak sampai 500 unit perbulan," ujarnya.