RX King 2009 terjual 70 juta

SolusiMobil.com – Pasar roda dua kini tengah diramaikan oleh kabar motor legendaris Yamaha Indonesia, yaitu Yamaha RX King yang terjual dengan harga Rp 70 juta. Motor ini diproduksi tahun 2009 yang dijual oleh warga asal Surakarta dan dibeli oleh seorang penggemar berat RX King asal Tangerang.

 

Menanggapi hal itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku angkat topi melihat geliat pasar RX King yang masih seksi meski kini sudah setop produksi.

 

"Ini bukti pecinta RX King masih banyak, anak muda hingga orangtua, sehingga harganya terus melambung. Sejauh ini kita masih terus dukung para pecinta RX King lewat acara komunitas maupun penyediaan suku cadang," ujar Asisten General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, yang dikutip dari Viva.

 

Meski tak mengetahui jumlah pasti populasi RX King saat ini di Indonesia, namun dia memastikan ratusan komunitas masih banyak berdiri di berbagai penjuru Tanah Air. Tak heran jika kemudian pasar motor 2-tak ini masih terus menggeliat dengan harga yang meroket.

 

Sebagai bentuk pelayanan, Yamaha mengaku akan terus memasok suku cadang motor bersuara 'cempreng' itu kepada konsumennya.

 

"Kita jaminkan 10 tahun suku cadang tersedia (terhitung setelah setop produksi pada 2009). Sejauh ini kami produksi (suku cadang) sesuai dengan permintaan, tapi soal komponen apa yang banyak diproduksi saya tidak pegang datanya," kata dia.

 

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan harga selangit sebuah motor RX King buatan 2009 yang dijual di lapak online ternama di Indonesia. Dalam iklan tersebut, tertera harga RX King itu dijual dengan harga Rp50 juta. Penjual merupakan warga asal Surakarta, Jawa Tengah.

 

Motor tersebut terbilang istimewa, karena belum sama sekali dipakai, alias masih baru. Angka di odometer pun masih 0 kilometer. RX King tahun rakitan 2009 itu juga diketahui merupakan edisi terakhir sebelum akhirnya pabrikan Yamaha menyetop produksi, karena terganjal aturan emisi gas buang. Artinya, motor itu berstatus barang langka.

 

Menurut si penjual yang juga pemilik, Afrizal Alies, motor itu dibelinya sejak 2009 lalu. Dia mengaku memang pecinta berat RX-King dan sempat mengoleksi hingga belasan unit.

 

"Motor yang dipasang lewat iklan (lapak online) itu sudah laku terjual. Saya akhirnya jual Rp70 juta, yang beli orang Tangerang. Cuma, saya dapat uangnya Rp50 juta, sedangkan makelar (perantara/calo) dapat Rp20 juta dari penjualan itu," kata Afrizal.

 

Selama ini, Afrizal mengaku tak pernah menggunakan motor istimewa itu. Joknya pun masih apik terbungkus plastik. Afrizal mengaku menjamin jika seluruh part pada motor itu orisinil, alias benar-benar baru.

 

"Sejak beli, saya simpan motor itu di atas loteng. Kondisinya benar-benar gres. Saya juga sempat punya 11 motor RX King. Semuanya sama tahun 2009. Tetapi, motor-motor yang sebelumnya sudah laku terjual semua, sisa dua. Kalau RX King yang sebelumnya saya jual murah-murah, karena butuh uang. Saat itu, saya jual Rp24-Rp25 juta," ujarnya.