Liberty ABS

SolusiMobil.com - Rabu kemarin di Gandaria City, PT Piaggio Indonesia sebagai APM Piaggio, Vespa, Moto Guzzi dan Aprilia di Indonesia membuat kelas skuter makin padat dengan membawa 4 model baru. Keempatnya adalah Piaggio Liberty ABS Facelift, Piaggio Medley ABS, Vespa Sprint baru dan Vespa Primavera baru dengan i-GET ( Italian Green Experience Technology).


Marco Noto La Diega, Presdir PT Piaggio Indonesia berkata,”Vespa datang dengan gaya yang memukau, kuat dan berani, sementara Piaggio mengaitkan produknya dengan kenyamanan dan fungsionalitas untuk berkendara dengan gaya, keempat skuter ini adalah tambahan penting bagi jajaran model Piaggio Indonesia.” Jadi, seperti apa sih masing-masing skuter baru yang sudah masuk kategori hobi ini?

Mulai dari Liberty 150 ABS, dan sesuai namanya, dia pakai mesin 150 cc-an plus ABS di remnya, mengikuti desain baru dan beberapa perbaikan dari versi lamanya. Misalnya, mekanisme pembukaan joknya kini elektronik, panel instrumen kombinasi digital dan analog, lampu sein LED, detailing chrome, under seat box yang lebih lega dan side step penumpang yang didesain baru.

Sebenarnya, kapasitas mesin sejati dari skuter ini adalah 155 cc, dengan teknologi i-GET, jadi tenaganya bisa mencapai 9,6 kW dan torsinya 13 Nm. Untuk membuat skuter berpelek 16 inci depan dan 14 inci belakang ini bergerak, itu tugas dari CVT-nya. Harganya? Lumayan mahal, mulai dari 35,7 juta untuk Liberty ABS standar dan 36,3 juta untuk Liberty S. Jauh juga dibanding harga Liberty 150 lawas yang sekitar 23 jutaan. Yah, namanya juga skuter hobi.

Piaggio-Medley-125-ABS

Sementara Piaggio Medley 150 ABS adalah skuter yang duduk di antara Liberty 150 dan Beverly 350. Medley mengombinasikan pengalaman berkendara skuter jangkung Piaggio dengan kelincahan dan keringanan yang cocok untuk membelah padatnya jalur perkotaan. Bagasi di bawah joknya lega, bisa muat 2 helm full face, dan di kompartemen depannya ada USB port untuk mengisi daya gadget, panel instrumen dengan trip komputer, mekanisme pembuka jok elektrik dan pastinya, rem ABS.

Mesin Medley sama seperti Liberty, 155 cc dengan i-GET, tapi Medley lebih canggih karena sudah berpendingin air, 4 katup , sudah punya start-stop system, sehingga output mesin Medley lebih besar, mencapai 11 kW dan 14.4 Nm. Lebih kencang dong? Belum tentu, karena tenaganya dinaikkan supaya tidak kedodoran dengan berat Medley yang mencapai 130 kg-an. Harga Medley? Berkisar 44,2 juta Rupiah untuk tipe standar dan 44,9 juta Rupiah untuk tipe S.


Dua model terakhir adalah Vespa Primavera dan Sprint baru dengan mesin i-GET 150 cc untuk meningkatkan performa dan efisiensi, termasuk sejumlah fitur baru seperti mekanisme pembuka jok elektrik, port USB, sistem knalpot baru untuk mengurangi suara dan getaran mesin. Wajar, soalnya mesin 3V Vespa terkenal dengan getarannya yang bisa bikin pengedara plus penumpangnya berasa diserang tremor, terutama saat berakselerasi.

Vespa-Primavera-150

Primavera dan Sprint punya tenaga sekitar 8,7 kW dan torsi 12 Nm, cukuplah untuk meliuk-liuk di tengah kota besar. Beberapa warna baru pun diperkenalkan, seperti Arancio Taormina (Orange), Verde Muschio (Hijau), Grigio Seta (Abu-abu), dan warna yang paling mencolok adalah Rosso Matt alias merah yang benar-benar membuat skuter satu ini jadi terlihat bergaya Italia banget.

WI-BIKE

Pada pameran bertajuk Piaggio City di Gandaria City yang berlangsung dari 25 Mei hingga 29 Mei, dipajang juga sebuah sepeda listrik bernama Wi-Bike dengan teknologi PMP (Piaggio Multimedia Platform) yang pintar, karena bisa berinteraksi dan berbagi data ke seluruh dunia. Ini merupakan sepeda listrik tercakep yang pernah kami lihat, karena motor listrik, baterai dan transmisinya menyatu dalam frame utama yang dibuat dari aluminium. Keren, gaya, dan pastinya seimbang serta lincah.[Hs/Wa]