Yamaha WR250R 2016

SolusiMobil.com - Kabar yang menyebutkan jika pabrikan Honda di Indonesia tengah mempersiapkan kelahiran motor trail sudah berembus cukup lama. Pabrikan berlogo sayap mengepak itu santer tengah menyiapkan motor trail dengan kapasitas mesin 150cc. Harga jual yang ditawarkan pun kabarnya bakal kompetitif. Namun hingga kini belum jelas kapan lakon debut motor tersebut dilakukan.


Sejauh ini, perkembangan pasar motor trail memang tengah naik daun. Pabrikan yang sudah eksis yakni Kawasaki dan Viar. Terlebih dua pabrikan itu menjual edisi harga terjangkau dengan kapasitas 150cc. Lantas, bagaimana Yamaha?

Dikutip dari VIVA, menurut Asisstant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut hingga kini masih enggan menghadirkan produk terbaru motor trail untuk pasar otomotif Indonesia.

"Sementara ini belum ada keinginan dari Yamaha untuk ikut bermain ke segmen trail dengan mesin lebih rendah (150cc)," ungkap dia kepada media.

Yamaha memang memiliki motor trail berkapasitas 150cc yang dipasarkan di luar Indonesia, namun Masykur menegaskan bila pihaknya masih hanya akan mengandalkan WR250R di Tanah Air.

"Motor trail WR kita baru saja buka di Medan untuk CBU (Completely Built Up). Penerimaan masyarakat di sana bagus. Tapi kalau ditanya sudah laku berapa, saya masih belum tahu berapa unit yang sudah diminta konsumen," katanya.

Sebagai informasi, WR250R mengusung mesin DOHC lima klep liquid cooled dengan kapasitas mesin 250cc. Untuk penyalur daya, mesin empat langkah ini kemudian dikawinkan dengan sistem transmisi enam percepatan.

Untuk sektor kaki-kaki, WR250R telah dilengkapi dengan suspensi model upside down di bagian depan. Suspensi belakangnya telah mengadopsi model linked yang memberikan redaman lebih maksimal saat melibas jalan bergelombang. Sementara itu, untuk lingkar pelek, motor ini dijejali ring 18 inci di belakang, dan 21 inci di bagian depan.[Ren/Wa]