Toyota Fortuner 2016

SolusiMobil.com – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengaku telah sejak lama mengekspor mesin berstandar Euro 4 atau bahkan Euro 5 ke sejumlah negara. Jadi bisa dipastikan pihak Toyota tidak akan kesulitan untuk beralih dari standar Euro2 ke Euro4.

 

“Ya saya sudah mendengar (soal rencana pemberlakuan aturan standar Euro 4 di Indonesia). Intinya begini, TMMIN sudah mengekspor mesin (berstandar Euro 4) sejak lama. Dan bahkan, mesin-mesin tersebut sudah ada yang (berstandar) Euro 5,”  papar Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, yang dikutip dari Dapurpacu.

 

Dengan pengalaman seperti itu, lanjut Warih, Toyota tak akan mengalami kendala atau kesulitan saat beleid anyar tersebut secara efektif berlaku. Bahkan dia menegaskan, pihaknya siap membantu pemerintah.

 

Sebelumnya, dalam sebuah seminar yang digelar di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Direktur Pengelolaan Udara KLHK, Dasrul Chaniago mengatakan peraturan tentang standar Euro 4 siap ditandatangani tahun ini. Dia menyebut draft tersebut telah berada di biro hukum.

 

Beleid anyar itu rencananya diberlakukan pada tahun 2018 untuk kategori mobil baru, dan 2020 untuk mobil yang menggunakan teknologi sekarang. Selain untuk menyokong pabrikan menghasilkan produk yang diorientasikan bagi pasar ekspor dan dalam negeri, juga untuk mengurangi tingkat polusi udara di Tanah Air.