TMMIN Resmikan Plant 3

SolusiMobil.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan fasilitas produksi Karawang Plant III di Kawasan Jabar Industrial Estate (KJIE). Kedepannya pabrik yang baru diresmikan ini akan digunakan untuk memproduksi mesin (engine plant), melengkapi dua pabrik sebelumnya yaitu Karawang Plant I dan Plant II.

 

“Hadirnya fasilitas ini memungkinkan Toyota melakukan produksi mesin dalam satu atap. Ini merupakan wujud komitmen kami berkontribusi terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia melalui transfer teknologi,” kata Koei Saga, Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC), Senin (7/3).

 

Toyota mengklaim Karawang Plant III merupakan salah satu engine plant terbaik di dunia, dan merupakan pabrik pertama yang mengadopsi “Through Line”. Di mana dalam konsep tersebut, seluruh proses produksi mesin mulai dari casting (pengecoran), machining (permesinan), dan assembling (perakitan) berada di bawah satu atap.

 

“Ini tentunya akan mempersingkat waktu proses produksi dan mengurangi stok barang dalam produksi. Di mana sebelumnya, proses casting umumnya terpisah dengan proses lain seperti machining dan assembling,” imbuh Masahiro Nonami, President Director PT TMMIN.

 

Dikutip dari Dapurpacu, Toyota Karawang Plant III berdiri di atas lahan 150 hektar, dan baru digunakan sekitar 20 hektar. Nilai investasi ditaksir senilai 2,3 triliun untuk pembangunan dan pengoperasian pabrik. Kapasitas produksi sebesar 216.000 unit per tahun. Setengahnya diposting untuk pasar ekspor.

 

Dengan berdirinya Karawang Plant III, maka Toyota secara total memiliki lima pabrik. Fasilitas pertama yaitu Sunter Plant I (1973), yang memproduksi mesin bensin etanol tipe TR (Innova dan Fortuner), kemudian pabrik kedua Sunter Plant II (1977) yang memproduksi stamping parts/dies dan iron castings.

 

Pabrik ketiga yaitu Karawang Plant I (1998) yang memproduksi Innova dan Fortuner dengan kapasitas produksi 13.000 unit per tahun. Kemudian pabrik keempat yaitu Karawang Plant II yang memproduksi Etios Valco, Vios, Limo dan Yaris dengan kapasitas 120.000 unit per tahun.