Telkomsel T-Bike

SolusiMobil.com – Telkomsel, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia akhirnya mengembangkan bisnisnya ke dalam dunia otomotif. Pasalnya, hari ini (3/3), Kamis Telkomsel luncurkan aplikasi otomotif bernama T-Bike.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, aplikasi tracker untuk sepeda motor ini merupakan konsistensi Telkomsel pada pengembangan ekosistem DNA (Device, Application dan Network). Produk baru Telkomsel di bidang otomotif ini memiliki dua keunggulan utama.

 

Keunggulan T-Bike ialah fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat. Dalam membuat T-Bike, Telkomsel menggunakan aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan Smart City di Indonesia.

 

Selain itu, keunggulan lainnya ialah pada sepeda motor dengan sistem injeksi pemasannya mudah karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan.

 

Selain itu, aplikasi T-Bike juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara (rider) dan pemantau (circle) yang terintegrasi.

 

“Telkomsel masih terus melakukan pengembangan untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunan bahan bakar, informasi navigator motor, serta analisa kinerja kendaraan,” terang Vice President M2M Business Telkomsel.

 

T-Bike merupakan kelanjutan dari roadmap layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel. T-Drive memiliki fitur utama untuk menganalisa kinerja mengemudi, rear time engine data, memberikan peringatan dan mengedukasi cara berkendara yang baik.

 

T-Drive beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi paa kendaraan.