Mentri Saleh Husin di IIMS 2016

SolusiMobil.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengingatkan kalangan produsen kendaraan bermotor yang beroperasi di Indonesia  tentang ketatnya persaingan. Menurutnya, jika ingin mengatasi persaingan mereka harus bersedia membangun pabrik di Indonesia.


“Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika produsen itu mempunyai pabrik di Indonesia. Pertama tentu saja, cost-nya (biaya produksi) akan lebih efisien karena didukung pemasok lokal. Kedua, dari sisi tax juga (pajak atau bea masuk impor) juga tidak (ada). Selanjutnya, harganya lebih bersaing,” tuturnya saat ditemui di arena Inndonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, akhir pekan kemarin.

Peningkatan daya saing tersebut, lanjutnya, sangat penting mengingat persaingan juga semakin ketat. Konsumen saat ini semakin kritis dalam memilih kendaraan dengan pertimbangan kualitas yang bagus namun berharga bersaing, plus kualitas layanan yang oke. “Layanan juga harus bagus, baik di sales maupun after sales. Kalau enggak yang bisa lewatlah mereka (pabrikan),” kata dia.

Sementara, investasi di sektor otomotif juga terus mengalir ke Tanah Air. Contohnya, kata dia, pabrikan asal China, yakni SAIC-General Motors – Wuling (SGMW Wuling)  yang tergiur potensi pasar Indonesia.

Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu itu telah menggelontorkan dana tak kurang dari Rp 10-11 triliun. Pabrik di Karawang, Jawa Barat yang rencananya mulai berproduksi pada kuartal ketiga 2017 pun telah dibangun sejak beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo), Johanes Nangoi, di tempat yang sama mengatakan, pihaknya memang berharap pabrikan yang beroperasi di Indonesia memiliki pabrik. Selain mendongkrak pasar juga menciptakan lapangan kerja.

“Justru dengan membangun pabrik sektor otomotif kita berkembang. Dan satu hal yang patut diingat, memproduksi bukan berarti harus dipasarkan di dalam negeri tetapi bisa ekspor. Nah tinggal bagaimana nantinya pemerintah memberikan dukungan untuk ekspor ini,” tuturnya saat ditemui di tempat yang sama.

Soal kehadiran pemain baru seperti SGMW atau Wuling, Nangoi menyebut anggota organisasi yang dipimpinya tak masalah. “Saya dengar malah dia (SGMW Wuling) segera menjadi anggota Gaikindo. Kita semua welcome kok. Soal nantinya bagaimana persaingan, kan pasar yang akan menentukan,” imbuhnya. [Dp/Wa]