Mobil lokal

SolusiMobil.com – Pasar otomotif di Indonesia memang dibanjiri oleh produk-produk mobil Jepang, bahkan telah mendominasi pasar. Hal ini tentunya tidak membuat beberapa perusahaan mobil nasional gentar. Mereka tetap berusaha eksis dengan produk-produk mereka di negeri sendiri. Salah satunya yang dilakukan PT Super Gasindo Jaya (Auto-Gas).

 

PT Super Gasindo Jaya kembali menunjukkan kiprahnya dengan mobil produksinya yang dikenal dengan sebutan Tawon. Menurut Direktur Penjualan PT Auto-gas, Dewa Yuniardi, mobil Tawon terbaru ini akan dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS).

 

Masih menurut Dewa, Tawon terbaru ini juga telah mengalami banyak perbaikan dari model sebelumnya. Sayangnya, mobil yang bermain di segmen pikap ini memang masih menyasar pedesaan sebagai kendaraan angkut perkebunan dan pertanian.

 

“Lebih detailnya nanti, tapi kelemahan model ini kita perbaiki  (di model baru),” ungkap Dewa saat ditemui diacara International Trade Exhibition for Auto Part, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) 2016, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, kemarin.

 

Menurut Dewa, beberapa perbaikan yang dilakukan di antaranya soal desain dan daya angkut. Selain itu, perfoma yang dihasilkan juga lebih bertenaga dari model sebelumnya. “Dulu pas ngangkut sedikit jadi susah naik. Semoga kini teratasi, terlebih dengan kapasitas mesin atau cc yang lebih besar,” kata Dewa.

 

Sebagai catatan, jika model Tawon pikap model lalu hanya mengusung mesin berkapasitas 650cc, maka untuk model terbaru nanti mesin empat silinder ini berkapasitas 960cc.

 

Meski masih menutup mulut bagaimana rupa secara detail dan juga harganya, namun menurut Dewa keberadaan mobil nasional diharapkan dapat memberikan manfaat lebih terutama bagi mereka yang berada di pedesaan untuk menunjang pekerjaan dibidang perkebunan maupun pertanian. (Vv/Wa)