Jalan Sudirman

SolusiMobil.com - Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan berlakukan sistem ganjil genap di beberapa ruas jalan di Jakarta. Sistem sebagai pengganti dari 3 in 1. Pemberlakuan uji coba ganjil-genap ini akan dimulai pada 20 Juli sampai 20 Agustus 2016. Sistem ganjil-genap nantinya hanya akan berlaku untuk mobil.


Seperti diberitakan Dapurpacu, adapun pemberlakuan pembatasan nomor polisi ganjil-genap tidak berlaku untuk sepeda motor. Hal itu dikatakan oleh AKBP Ipung Purnomo, selaku Pakar Lalu Lintas dan Transportasi.

“Kalau sepeda motor ganjil genap tidak berlaku, motor tetap dilarang melintasi jalan MH Thamrin, Medan Merdeka Barat dan jalur cepat Jalan Sudirman,” ujar Ipung.

Ipung menambahkan, kebijakan ganjil-genap berlaku untuk semua mobil pribadi, kecuali mobil pejabat negara seperti Presiden, Wakil Presiden dan Menteri, Ambulan, angkutan umum dan mobil pemadam kebakaran.

“Semua berlaku untuk mobil pribadi ya, kecuali mobil pejabat negara. Untuk angkutan umum, ambulan, mobil pemadam kebakaran juga tidak berlaku. Kebijakan ini sebagai masa transisi sambil menunggu Electronic Road Pricing (ERP),” tambah Ipung.