Truk BBM Pertamina

SolusiMobil.com - Mudik lebaran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, PT Pertamina (Persero) telah memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak akan terpenuhi selama masa mudik dan arus balik lebaran. Pasokan BBM di wilayah Jawa bagian Barat dengan rata-rata ketahanan stok premium 18 hari, solar 31 hari, avtur 7 hari, Pertamax 20 hari, Pertamax Plus 32 hari dan LPG 4 hari.

 
Dilansir Dapurpacu, Pertamina juga akan melakukan penambahan pasokan selama periode H-5 menjelang Hari Raya yang diperkirakan akan melonjak dengan rata-rata 35% dari penyaluran normal di 6 Terminal Bahan Bakar wilayah jawa bagian barat. Seperti TBBM Cikampek, TBBM Jakarta Group, TBBM Bandung Group, TBBM Balongan, TBBM Tasikmalaya dan TBBM Tanjung Gerem.
 
“Pertamina selalu berkomitmen untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat dengan menjamin ketahanan stok serta kelancaran distribusi BBM dan LPG, terutama menjelang Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Kami sudah siap dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG, khususnya di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten,” ungkap Nurhadiya, Retail Fuel Marketing Region Manager III.
 
Guna mendukung kelancaran distribusi dan ketahanan stok, Pertamina telah membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) untuk pemantauan tersedianya BBM dan LPG yang beroperasi sejak H-15 hingga H+15 lebaran.
 
Khusus di sepanjang jalur rawan kemacetan, kantong BBM yaitu mobil tangki (berisi BBM) akan disiapkan di SPBU yang berada di jalur rawan kemacetan. Kantong tersebut berfungsi sebagai back up penyaluran. Selain itu, BBM dalam bentuk kemasan botol (Pertamax dan Pertamax Plus) juga akan disiapkan di titik-titik strategis di sepanjang jalur mudik.
 
Pertamina juga akan bekerja sama dengan POLRI, guna menyiapkan jalur contra flow untuk mengantisipasi stagnasi mobilitas mobil tangki Pertamina akibat kemacetan lalu lintas. Sebagi upaya pelayanan BBM dan LPG, diharapkan masyakarat ikut berperan aktif memberikan informasi jika terjadi hambatan distribusi melalui contact Pertamina 15000-000 (24 jam).