Inapa 2016

SolusiMobil.com – Meskipun industri otomotif nasional mengalami penurunan, tak lantas membuat pelaku industri otomotif dan karoseri “menyerah”. Bahkan, saat ini telah kembali digelar pameran megah, International Trade Exhibition for Auto Part, Accessories, and Vehicle Equip (Inapa) 2016.

 

Selain Inapa, di tempat yang sama juga digelar pameran Indonesia International Bus, Truck and Component (IIBT) 2016. Acara ini diselenggarakan PT Global Expo Indonesia di Hall A-D Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, dari 29 Maret hingga 1 April 2016.

 

Acara ini diklaim sebagai pameran komponen otomotif dan karoseri terbesar di Asia Tenggara. Menurut Group of Project Director Baki Lee, meski industri otomotif tengah lesu, dengan adanya pameran ini diharapkan dapat kembali menggairahkan industri otomotif Tanah Air.

 

"Inapa lebih memfokuskan untuk memberikan dukungan part dari seluruh ASEAN. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan sparepart atau komponen yang bisa mendukung dan agar dapat membangun industri di Indonesia," ujar Baki saat pembukaan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa 29 Maret 2016.

 

Baki Lee juga menyatakan, untuk pameran IIBT memiliki potensi besar mengingat pemerintah saat ini membutuhkan bus 5.000-7.000 unit. Belum dengan kebutuhan negara-negara lain khususnya di Asia Tenggara.

 

Di sisi investasi, adanya pameran berskala internasional diharapkan dapat menciptakan iklim yang mendukung masuknya Foreign Direct Investment (FDI) yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui perkembangan industri otomotif dan karoseri.

 

Untuk tahun ini, Inapa dan IIBT 2016 diikuti 1.100 perusahaan yang mewakili 25 negara dan menempati 8 hall dengan luas area 25.000 meter persegi. Pameran ini pun ditargetkan dapat menarik 35 ribu pengunjung profesional yang berasal dari 35 negara.

 

Selain Inapa dan IIBT 2016, di tempat yang sama juga digelar pameran Indonesia International Bike, Parts & Accessories Exhibition (Inabike), di mana acara ini merupakan pameran berskala internasional yang memberikan kesempatan pada produsen motor, sparepart, dan aksesoris.

 

Tak hanya itu, ada juga pameran Indonesia Tyre & Rubber Industry Exhibition. Pameran ini merupakan pameran ban dan industri karet. Selain itu, ada pameran Indonesia Fastener & Fixing Technology Exhibition (Inafestener) 2016 yang merupakan pameran pendukung dalam memenuhi para produsen dan industri otomotif.

 

Hadir pula pameran Indonesia International Construction and Mining Machinery Equipment & Service Exhibition (Conmine) 2016 yang merupakan pameran yang ditujukan bagi produsen alat konstruksi dan mesin pertambangan. (Vv/Wa)