Honda Accord Hybrid

SolusiMobil.com - Desakan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) agar pemerintah menurunkan pajak sedan dari 30 persen menjadi 10 persen disambut baik Honda Indonesia melalui PT Honda Prospect Motor (HPM).


Seperti diberitakan VIVA, hal ini pun disampaikan langsung Marketing & After Sales Service PT HPM Jonfis Fandi saat acara media gathering di kawasan Thamrin, Jakarta. Menurut dia, jika pajak diturunkan, maka tidak menutup kemungkinan Honda membuat sedan di Tanah Air.

"Bukan hanya bawa sedan di impor (dijual di Indonesia) tapi juga mau produksi di sini," ujar Jonfis.

Menurut Jonfis, jika pajak sedan disamakan dengan model lainnya yakni sebesar 10 persen, maka hal itu tentu akan mampu menarik karena harga jual sedan menurun.

Selain itu, jika sejumlah pabrikan otomotif memproduksi sedan di Tanah Air, tentu saja kemungkinan yang terjadi harga sedan akan lebih turun lagi.

Namun sayang Honda masih belum mau membocorkan model apa yang direncakan akan diproduksi di Indonesia jika pajak sedan menjadi 10 persen.

Saat ini Honda memiliki tiga model yakni Honda City di segmen mini sedan, lalu Honda Civic di segmen small sedan dan Honda Accord di segmen medium sedan. Semua sedan Honda saat ini dikirim utuh dari Thailand.