Mobil yang redup di Indonesia

SolusiMobil.com - Indonesia dikenal sebagai surga bagi sejumlah brand otomotif untuk menjual produk jenis mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Namun di Eropa, jenis mobil yang popular dan terlaris ternyata mobil-mobil yang tidak terlalu sukses di Indonesia.

 

Dari delapan mobil yang popular di Inggris, tiga model mobil yang paling laris teratas justru Ford Focus, Ford Fiesta dan Volkswagen Golf. Ketiga mobil ini memang mejadi yang terpopuler, bahkan Ford Focus mampu terjual hingga 55.329 unit. Sedangkan Ford Fiesta terjual sebanyak 52.601 unit dan Volkswagen Golf laku terjual hingga 49.280 unit.

 

Ford Focus sendiri diakui popular karena biaya operasional yang cukup masuk akal dan kenyamanan berkendara yang membuat mobil asal Amerika Serikat tersebut pamornya terus meningkat di negara Ratu Elizabeth itu.

 

Sementara Ford Fiesta sendiri cukup populer karena memiliki bentuk yang cukup mungil, namun memiliki fitur sangat modern. Mobil yang memasuki usia ke tujuh tahun di Inggris ini juga disebut sangat baik, mulai dari cara penanganan hingga memberikan kenyamanan kepada konsumen.

 

Belum lagi dengan adanya mesin EcoBoost yang dilengkapi dengan turbo 1.0 liter tiga silinder yang menambah daya mesin cukup mumpuni dan irit.

 

Namun sayang, kedua merek di atas, pamornya di Indonesia tak terlalu menggembirakan. Bahkan, Ford memutuskan menghentikan penjualannya di Tanah Air yang diumumkan pada Januari 2016 lalu.

 

Sedangkan yang ketiga adalah Volkswagen Golf. Mobil hatchback ini disebut mengalami pertumbuhan penjualan di Inggris. Di Indonesia sendiri, penjualan Golf tidak terlalu moncer dibandingkan mobil-mobil buatan Jepang.

 

Harga, rupanya menjadi alasan masyarakat Indonesia masih enggan untuk membeli mobil yang satu ini. [Vv/Wa]