Mobil Esemka Rajawali

SolusiMobil.com – Upaya dalam menghadirkan “mobil nasional” (mobnas) di Indonesia menyita perhatian publik. Terakhir, PT Adiperkasa Citra Lestari milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, dikabarkan akan menggandeng perusahaan otomotif asal Malaysia, Proton untuk mewujudkan mobnas.

 

Setelah satu tahun lebih, rencana tersebut diungkap ke publik, hingga saat ini masih belum ada realisasi dan kejelasan dari hasil kerja sama kedua pihak tersebut untuk menciptakan mobnas.

 

Seperti diberitakan VIVA, menanggapi hal tersebut Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) dari Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, mengatakan saat ini yang terpenting adalah kendaraan yang dirakit dengan komponen lokal, bukan hanya sebuah mobil dengan nama lokal, yang akhirnya tidak diminati.

 

“Untuk apa (mobil nasional)? Untuk gagah-gagahan. Kalau tidak laku, buat apa? Pemerintah tidak pernah ada kerjasama (terkait mobil nasional). Pihak swasta itu,” ungkap Suryawirawan.

 

Selain itu, Suryawirawan menambahkan, mobil yang dirakit di Indonesia dengan komponen lokal merupakan mobil nasional, meski pun menggunakan merek dari luar.

 

“Mobil itu adalah barang konsumsi, yang penting komponennya di sini. Buat apa mobil nasional kalau komponen impor? Mobil yang ada di jalan itu buatan anak negeri, meskipun menggunakan merek luar,” kata Suryawirawan. (ren/wa)