Teknologi Volvo akan ada di mesin mobil ESEMKA

SolusiMobil.com - PT Adiperkasa Citra Esemka Hero mencanangkan ekspansi ke produk kendaraan penumpang pada 2017. Kabar yang beredar, teknologi Volvo akan menjadi kekuatan mobil dengan brand ESEMKA ini.


Menurut Managing Director ESEMKA, Hosea Sanjaya, di Jakarta (11/4), “Saat ini mobil penumpang ESEMKA yang kita rencanakan sudah dalam penjajakan untuk bekerjasama dengan beberapa produsen otomotif China. Salah satunya Geely yang paling terbuka.”

Jika kerjasama itu berlangsung mulus, lanjut Hosea, maka ESEMKA kedepannya akan mengaplikasikan platform teknologi Volvo melalui Geely. Lantas kenapa China? Jawab Hosea, mereka hingga kini masih dianggap lebih lengkap dalam sebuah konsep industri dibanding Malaysia.

“Saya sudah ketemu dengan Presiden Geely di Taizhou beberapa waktu lalu, kita sudah lihat pengembangan rencana teknologi mereka. Setelah mengakuisisi Volvo, mereka sudah punya yang namanya China Europe Development Technology. Misalnya mereka mengembangkan mesin 1.8L tapi konsumsinya sama seperti mobil LCGC di sini. Jadi ini sangat potensial bagi ESEMKA.”

Terbukanya kerjasama dengan Geely bukan tanpa alasan, karena Hosea Sanjaya sendiri merupakan Presiden Direktur PT Geely Motor Indonesia (GMI).

Sementara kolaborasi dengan Proton (Malaysia) yang selama ini digembar-gemborkan, ternyata masih dalam wacana dan proses panjang.

“Kerjasama Research and Development (R&D) dengan Proton saat ini masih wacana dan berproses panjang. Kita kan tahu, di sini ada produk Proton juga. Kita kan tanya apakah mereka ada pengembangan produk? ternyata tidak ada. Jika nanti yang dipasarkan Proton sama dengan ESEMKA ya untuk apa, nilai tambahnya buat kita apa.”

Mempersiapkan hal tersebut, ESEMKA telah mengembangkan fasilitas pabrik perakitan bekas milik Geely berlokasi di Desa Cipeucang, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, selain di Boyolali, Jawa Tengah.[Dp/Wa]