Maserati Quattroporte

SolusiMobil.com – Maserati di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu, terpaksa harus melakukan recall untuk Maserati Ghibli dan Quattroporte karena pedal gasnya bermasalah. Recall ini juga akan dilakukan di Indonesia.

 

“VIN (nomor identitas kendaraan) mobilnya sudah terdeteksi. Akan kami informasikan langsung kepada pemilik kendaraan yang masuk ke safety campaign ini,” ujar Ismail Ashlan, Public Relation Manager Maserati Indonesia, dikutip dari Dapurpacu.com.

 

Kampanye recall tersebut sesuai dengan petunjuk yang diumumkan prinsipal Maserati Italia pada 14 Maret lalu. Di Indonesia, penarikan kembali akan mulai berlangsung padA April 2016, setelah Maserati Indonesia mendata pemilik dan mobil yang bermasalah.

 

Ismail mengatakan, recall baru berlangsung April mendatang karena suku cadang harus impor dari Italia. Para pemilik mobil Ghibli dan Quattroporte yang terkena recall tidak dipungut biaya. “Gratis, ini bentuk komitmen kami,” imbuhnya.

 

Hanya hingga kini, lanjut Ismail, jumlah mobil yang ditarik di Indonesia belum diketahui. Sedangkan di Amerika Serikat jumlah yang ditarik sebanyak 28.235 unit.

 

Namun yang pasti, kata Ismail, langkah yang dilakukan pihaknya merupakan program kampanye keselamatan dan tanggung jawab kepada konsumen. “Program ini sebagai tindakan preventif kami terhadap laporan yang sudah diterima prinsipal kami (Maserati pusat di Italia),” ucapnya.

 

Sebelumnya, Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika mengatakan, pedal gas kedua model itu ditengarai berpotensi tersangkut di karpet. Akibatnya akselerasi atau laju mobil tak terkendali sehingga sangat membahayakan.[Car/Wa]