Isuzu

SolusiMobil.com - Peraturan Daerah DKI Jakarta yang membatasi usia pakai kendaraan bermotor umum mendapat tanggapan positif dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), karena menurut IAMI peraturan tersebut turut membantu perusahaan dalam hal efisiensi.


Dilansir dari Dapurpacu, IAMI melalui Vice President Director Ernando Demily beranggapan, dengan diberlakukannya Perda tersebut perusahaan akan bisa menghemat pengeluaran untuk operasional kendaraannya.

“Kami dukung sekali, karena memang sudah seharusnya dan bagi negara semakin bagus. Mobil semakin tua kan konsumsi bahan bakarnya semakin boros dan mahal,” kata Ernando kepada Dapurpacu.com.

“Terus bagi pelaku industri kami justru dukung sekali pembatasan (usia) kendaraan tersebut.”

Awal tahun ini, Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta mengeluarkan peraturan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta No 5/2014 tentang Transportasi yang berisi; masa pakai kendaraan bermotor umum dibatasi dengan ketentuan sebagai berikut: mobil bus besar paling lama 10 tahun; mobil bus sedang paling lama 10 tahun; mobil bus kecil, mobil penumpang umum dan angkutan lingkungan paling lama 10 tahun; taksi paling lama 7 tahun; dan mobil barang paling lama 10 tahun.

Perda tersebut sempat mendapat tentangan dari Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta karena disebut telah membuat resah pengusaha angkutan umum, dengan membatasi umur pakai kendaraan paling lama 10 tahun. Komisi C bahkan meminta BPTSP DKI Jakarta untuk mencabut Perda tersebut. [Whr/Wa]