Pembangunan Pabrik Esemka di Boyolali

SolusiMobil.com - Perusahaan mobil nasional Esemka akhirnya siap untuk membangun pabrik. Perusahaan yang dipromosikan Joko Widodo kala masih menjabat sebagai Walikota Solo itu memilih Boyolali, Jawa Tengah, sebagai tempat berdirinya pabriknya.


Seperti diberitakan VIVA, pembangunan pabrik mobil nasional Esemka itu baru masuk tahap pendirian rangka.

Sejumlah pekerja masih terlihat sibuk di area pembangunan pabrik tersebut. Bahkan, sejumlah alat berat dan truk juga terlihat hilir mudik.

Salah satu staf PT Ghewantika Konstruksi (GWK) yang mengerjakan konstruksi pembangunan pabrik tersebut mengatakan, proyek itu adalah milik PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE).

Proses pembangunan sudah dimulai sejak Januari 2016. Namun, belum diketahui kapan pabrik akan siap digunakan.

Pembangunan pabrik mobil ini didukung oleh 19 sekolah menengah kejuruan yang ada di Boyolali. Nantinya, pabrik akan menampung lulusan dari 72 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Solo Raya sebagai tenaga kerja.

Bupati Boyolali, Seno Samudro, menjelaskan, pabrik Esemka dibangun di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

“Luas tanah yang dipergunakan pembangunan pabrik Esemka saat ini kita sediakan sekitar 12 hektare. Dan kalau itu dianggap kurang, kemungkinan bisa diperluas hingga empat kali lipat,” jelas Seno.

Salah seorang warga Demangan yang diwawancara VIVA.co.id, Suwarso (57 tahun), mengatakan, ia menyambut baik adanya pembangunan pabrik mobil Esemka di wilayahnya, karena bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

“Ya senang mas, wong ada pabrik mobil kok tidak senang. Dengan adanya pabrik, wilayahnya jadi ramai. Siapa tahu anak saya bisa ikut mendaftar jadi pegawainya,” ungkap Suwarno.[Kw/Wa]