New Daihatsu Terios Spirit 2015

SolusiMobil.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen kendaraan Daihatsu di Indonesia menyatakan kesiapannya menghadapi kebijakan pemerintah untuk meningkatkan standar emisi, yakni dari Euro 2 menjadi Euro 4. Hal ini sepertinya mudah bagi Daihatsu, pasalnya di Jepang mobil-mobil Daihatsu sudah mengantongi standar Euro 5.

 

“Itu semua tergantung dari pemerintah, kami sebagai industri tinggal ikuti saja apa yang ditetapkan pemerinah,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, dikutip dari Dapurpacu.

 

Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menyelesaikan draft soal peraturan standard EURO 4, yang saat ini sudah masuk ke biro hukum. Kebijakan tersebut rencananya diberlakukan mulai 2018, untuk kategori mobil baru (new product) dan mobil yang sudah diproduksi (current product).

 

Dengan diberlakukannya peraturan tersebut, Amelia juga menegaskan tidak khawatir jika seandainya harga produknya akan menjadi lebih mahal, yang nantinya berimbas ke penjualan.

 

“Itu tergantung dari regulasinya, kalau regulasi sama untuk semua (pabrikan) maka harga tidak akan berpengaruh pada penjualan. Karena ini bukan soal kompetisi, tapi lebih ke kesamaan untuk semua pabrikan,” lanjutnya.

 

Soal standar emisi, Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand dengan sudah Euro 4 dan bahkan Singapura yang sudah menetapkan Euro 5.