Tata Ace CNG

SolusiMobil.com – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMSDI) tertarik menghadirkan kendaraan berbahan bakar gas (CNG) ke Indonesia. Tapi sayang, infrastruktur Tanah Air yang masih dibawah standar menjadi alasan utama niat baik ini urung dilakukan.

 

“Stasiun pengisian bahan bakar gas dan infrastruktur masih sangat kurang di Indonesia. Dominasinya lebih banyak di Jakarta. Kami masih perlu melakukan studi serta melihat kesiapannya,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, yang dikutip dari Dapurpacu.

 

Padahal kata Biswadev, CNG bukan saja ramah lingkungan karena tidak memakai minyak bumi sebagai bahan bakar. Namun lebih dari itu, CNG lebih irit 15-20% dibandingkan mesin diesel, dan 75% dari sepeda motor jika dihitung berdasarkan jarak tempuh.

 

“Di India CNG sudah jadi bahan bakar kendaraan baik mobil penumpang, pickup, atau bus,” katanya. “Namun untuk memasarkan mobil berbahan bakar CNG di Indonesia, kami masih terus melakukan studi,” imbuh Biswadev.

 

Keinginan Tata Motors memasarkan mobil CNG di Indonesia sejatinya sudah terlihat sejak GIIAS 2015. Saat itu, produsen otomotif asal India tersebut menampilkan dua unit mobil berbahan bakar gas, yakni Iris CNG dan Ace CNG.

 

Tata Iris dan Ace pada dasarnya merupakan mobil penjelajah kota. Bedanya, Iris mobil penumpang kecil, sementara Ace diposting sebagai pickup. Dua model ini diklaim sebagai mobil yang fungsional dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar.