Nissan Grand Livina HighwayStar

SolusiMobil.com - Nissan Grand Livina saat ini mungkin sudah terasa terlalu tua dan butuh pembaharuan secara total, tetapi Nissan tidak diam begitu saja sembari menunggu full major change dari Nissan Grand Livina ini hadir di Indonesia. Tanggal 7 Mei 2016 ini, Nissan secara resmi meluncurkan varian terbaru dari Nissan Grand Livina yang dinamakan Nissan Grand Livina XV High Way Star.


Nissan Grand Livina XV High Way Star ini sebenarnya masih Nissan Grand Livina tipe XV biasa yang kita kenal, perbedannya ada pada eksteriornya yang kini dibalut dengan body kit Autech seperti Nissan Grand Livina High Way Star Autech.

Maksudnya gini, Nissan sepertinya enggan memberikan nama Autech di Nissan Grand Livina XV, agar terasa lebih mewah dan tidak mengurangi gengsi pengguna body kit Autech, Nissan mengadopsi dua buah tipe antara XV dan High Way Star menjadi satu kesatuan tipe, yaitu XV High Way Star yang merupakan tipe XV pakai body kit Autech tetapi tidak memiliki fitur dan kelengkapan layaknya tipe High Way Star. Penamaan ini ibarat varian Toyota Vios E, G dan ada varian G TRD Sportivo yang memiliki body kit, tapi tipe E juga ingin dapat body kit TRD Sportivo, entah kenapa namanya justru bukan jadi Vios E TRD Sportivo, justru malah jadi Toyota Vios E G yang punya body kit Sportivo. Aneh kan?

Dikutip dari Autonetmagz, eksterior mobil ini cukup menjanjikan seperti layaknya trim tertinggi Nissan Grand Livina, dia punya grille Autech yang lebih rapat dan silau, bumper depan Autech, velg Autech two tone colour 16 inchi yang sporty, side skirt, rear bumper spoiler dan logo High Way Star menggantikan logo XV. Pokoknya secara eksterior, anda pasti berhasil bilang ke tetangga anda bahwa anda membeli Nissan Grand Livina tipe termahal.

Tapi karena sebenarnya ini adalah varian Nissan Grand Livina XV, masuk ke dalam interiornya jangan harap selengkap varian High Way Star, anda harus terima kenyataan bahwa ini adalah varian Nissan Grand Livina XV biasa. Kita tidak akan menemukan fitur-fitur seperti steering switch audio control, leather seat, leather steering wheel, black color interior dan rear parking camera.

Hal baik yang perlu didengar oleh kita semua, kini semua varian Nissan Grand Livina mendapatkan head unit baru yang memiliki layar touch screen, head unit tersebut sudah memiliki koneksi mirror link untuk menghubungkan smartphone, bluetooth dan DVD player. Sebelumnya, Nissan Livina SV dan XV hanya mendapatkan head unit single DIN yang bisa memutar DVD untuk roof monitor 10 inchi, dengan catatan untuk varian SV hanya memiliki 2 buah speaker.

Hingga saat ini Nissan belum mengabarkan berapa banderol harga dari Nissan Grand Livina XV High Way Star, karena Nissan hanya memamerkan varian terbaru ini dalam event kopdar pengguna Livina yang berjudul Livinalife, bukan launching produk secara resmi.

Nissan sendiri menjual Nissan Grand Livina XV dengan di angka 219.3 juta Rupiah dan 230,6 juta Rupiah untuk varian manual dan CVT. Sedangkan untuk varian High Way Star Autech dan non Autech, Nissan memberikan selisih harga sebesar 14.2 juta Rupiah, dengan selisih angka tersebut, sepertinya Nissan Grand Livina XV High Way Star kemungkinan besar akan dibanderol dengan harga yang tidak jauh dari 233 juta hingga 244 juta Rupiah.[Rh/Wa]