Daihatsu Ayla

SolusiMobil.com - Kabar mengenai mobil baru Daihatsu yang mengusung konsep mobil murah ramah lingkungan (low cost green car, atau LCGC) sudah menyeruak sejak satu tahun lalu. Namun, indikasi bahwa perusahaan yang sahamnya kini sebagian besar dimiliki Toyota itu benar-benar memproduksi model tersebut, baru terlihat jelas belakangan ini.

Seperti diberitakan VIVA, dari hasil penelusuran di laman Kementerian Perindustrian, Jumat 22 April 2016, muncul kode mobil baru Daihatsu yang baru saja mendapat restu dari pemerintah untuk diproduksi.

Kode yang dicantumkan memiliki kemiripan dengan kode yang dipakai pada LCGC Ayla. Jika digabungkan dengan kabar bahwa akan hadir mobil Daihatsu baru yang memiliki kapasitas tujuh penumpang, maka besar kemungkinan inilah mobil yang dimaksud.

Namun, rupanya Daihatsu tidak hanya mendaftarkan dua tipe saja. Ada tiga tipe lain dengan kode yang hampir sama didaftarkan ke Kementerian Perindustrian. Sayangnya, proses perizinan produksi ketiganya belum selesai.

Jika dijumlahkan, ada lima varian yang bakal dihadirkan Daihatsu. Dua varian pertama mengusung mesin berkapasitas 1.200cc yang dikombinasikan dengan transmisi manual.

Sementara itu, dua varian lainnya juga memakai mesin dengan kapasitas yang sama, hanya jenis transmisinya yang berbeda. Dua tipe ini bakal mengadopsi transmisi matik, yang hingga kini belum diketahui teknologinya.

Tetapi, karena Honda sudah lebih dulu menghadirkan LCGC Brio Satya matik CVT (continuous variable transmission), bisa jadi teknologi ini juga yang dipilih Daihatsu.

Varian terakhir yang didaftarkan, juga belum mendapat izin resmi untuk diproduksi memakai mesin 1.000cc dan transmisi manual. Mengingat, hanya tipe ini yang mesinnya paling kecil, besar kemungkinan ini adalah varian terendah yang bakal ditawarkan. [Asp/Wa]